Mengenal Teknologi NFC pada Smartphone

Teknologi semakin canggih dengan berbagai inovasi baru yang terus ditemukan. Salah satu teknologi yang saat ini semakin banyak digunakan adalah Near Field Communication (NFC). Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer data dan informasi dengan cepat dan mudah antar perangkat yang memiliki teknologi NFC. Lantas, apa itu NFC dan bagaimana teknologi ini bekerja pada smartphone? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Near Field Communication (NFC) adalah teknologi yang memungkinkan perangkat elektronik untuk berkomunikasi dan mentransfer data pada jarak yang sangat dekat, yaitu kurang dari 10 cm. Teknologi ini memanfaatkan gelombang radio frekuensi yang dipancarkan oleh perangkat NFC, sehingga perangkat yang memiliki teknologi NFC dapat saling terhubung dan bertukar informasi.

Teknologi NFC digunakan oleh banyak perusahaan untuk berbagai tujuan, seperti pembayaran nirkabel, transfer data, dan penggunaan kartu pintar. Salah satu contoh penggunaan NFC yang populer adalah dalam layanan pembayaran mobile, seperti Google Wallet dan Apple Pay. Dengan menggunakan teknologi NFC, pengguna dapat membayar dengan mudah hanya dengan memindai kode QR atau menjentikkan smartphone mereka ke terminal pembayaran. NFC juga dapat digunakan untuk memindahkan data secara nirkabel antara perangkat yang kompatibel dengan teknologi ini. Sebagai contoh, pengguna dapat mentransfer kontak, foto, atau video hanya dengan menyentuhkan smartphone mereka dengan perangkat NFC lainnya.

Namun, NFC bukanlah teknologi yang baru. NFC telah digunakan dalam berbagai macam perangkat, termasuk kartu pintar (smart card), termasuk kartu kredit dan kartu debit, dan juga dalam produk-produk elektronik seperti speaker dan headphone nirkabel. Beberapa contoh perusahaan yang memanfaatkan teknologi NFC adalah Apple, Samsung, Google, dan Sony.

NFC dapat digunakan di mana saja, baik di tempat umum maupun di rumah. Beberapa tempat umum yang memanfaatkan teknologi NFC adalah pusat perbelanjaan, stasiun kereta, dan bandara. Sementara itu, di rumah, teknologi NFC dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik seperti smartphone, televisi, dan speaker.
Teknologi NFC pertama kali diperkenalkan pada tahun 2004 oleh Sony dan Philips. Namun, teknologi ini baru mulai digunakan secara luas pada tahun 2010-an dan semakin populer sejak penggunaan layanan pembayaran nirkabel seperti Apple Pay dan Google Wallet.

Baca Juga :  Kesbangpol Atam Gelar Sosialisasi Regulasi Penanganan Konflik

NFC penting karena dapat mempermudah transfer data dan informasi antar perangkat. Dalam pengaturan smartphone, pengguna juga dapat mengatur aplikasi yang mendukung NFC, seperti aplikasi pembayaran mobile dan aplikasi transfer file. Beberapa pengguna mungkin juga perlu mengaktifkan mode NFC untuk dapat menggunakan teknologi ini.

Dalam kesimpulannya, teknologi NFC pada smartphone sangat berguna untuk berbagai macam keperluan, seperti pembayaran mobile dan transfer data nirkabel. Dengan keamanannya dan kecepatan transfer datanya yang cukup tinggi, NFC semakin populer di kalangan pengguna smartphone. Pastikan perangkat smartphone Anda sudah dilengkapi dengan fitur NFC dan diaktifkan dalam pengaturannya untuk dapat menggunakannya dengan maksimal.[]

Pengirim :
Muhammad Luthfi Astono, mahasiswa prodi Teknik Elektro, Universitas Airlangga, email : muhammadluthfiastono@gmail.com

banner 300250