Mahasiswa Teknik Kimia USK Qodri Yudit Angesta Raih 17 Prestasi Nasional dan Internasional

Banda Aceh, TERASMEDIA.NET – Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Kuala Qodri Yudit Angesta berhasil mengharumkan nama Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala setelah dirinya mampu meraih 17 prestasi baik di level nasional dan internasional dalam waktu 2,5 bulan.

Pemuda Gampong Hagu Teungoh, Kota Lhokseumawe ini telah membuktikan dirinya sebagai pribadi yang tak henti-hentinya berprestasi. Adapun 17 prestasi yang diraihnya tersebut adalah:

Medali Perak Global Competition of Life Sciences (GloCoLis) 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesia Youth Scientists Association (IYSA) bekerja sama dengan Indonesia International Institute for Life Sciences (Internasional).

Lalu Medali Perak Southeast Asia Invirology Paper Competition UPSTRACT 5.0 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Pertamina bekerja sama dengan PT. Pertamina (Internasional). Selanjutnya, Medali Perunggu Southeast Asia Paper Competition 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (Internasional).

Medali Emas International Invention Competition of Young Moslem Scientists (IICYMS) 2023 dan mendapat apresiasi sebagai Best Innovation yang diselenggarakan oleh UIN Sunan Gunung Djati bekerja sama dengan Indonesia Youth Scientists Association (IYSA) (Internasional).

Kemudian, medali Emas kategori infografis International Sustain Our World Hybrid Camp (SOWHC) 2023 di Malaysia yang diselenggarakan oleh Universitas Teknologi Mara (UiTM) Malaysia bekerja sama dengan Palm Oil Processing Special Interest Group (POPSIG) dan XMUM IChemE SC serta CheSC-SC IChemE UKM sebagai strategic mitra.

Medali Perunggu kategori video International Sustain Our World Hybrid Camp (SOWHC) 2023 di Malaysia yang diselenggarakan oleh Universitas Teknologi Mara (UiTM) Malaysia bekerja sama dengan Palm Oil Processing Special Interest Group (POPSIG) dan XMUM IChemE SC serta CheSC-SC IChemE UKM sebagai strategic mitra.

Medali Emas (First Place) Scientific Paper : Environmental Engineering International Walisongo Science Competition (IWSC) 2023. Lalu The most favourite video of Scientific Paper : Environmental Engineering International Walisongo Science Competition (IWSC) 2023.

Selanjutnya, medali emas Online Science Project Competition (OSPC) 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesia Youth Scientists Association (IYSA) (Nasional). Juara II Esai Chemical Engineering Fair (CEF) 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Jambi (Nasional).

Baca Juga :  16 Kabupaten/Kota akan Berpartisipasi dalam TTG Provinsi Aceh di Kota Jantho

Lalu juara II LKTIN Chemical Engineering Fair (CEF) 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Jambi (Nasional), juara III Esai Civics Science Competition (CSC) 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (Nasional), lolos pendanaan Pekan Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) 2023.

Kemudian, lolos pendanaan Pekan Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipa (PKM-KC) 2023, dan lolos pendanaan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023. Kemudian, juara 3 LKTIN Waste Treatment Week (WTW) 5.0 2023, serta Gold Medal of National Physics Olympiad (OSSN) 2023.

Ragam prestasi tersebut tidak lepas dukungan dari pihak Fakultas Teknik melalui Wakil Dekan Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Fakultas Teknik, USK Dr. Ir. Farid Mulana, S.T., M.Eng.

Selaku penanggungjawab kegiatan mahasiswa di FT USK, Dr. Farid sangat mengapresiasi minat mengikuti lomba/kompetisi dan juga prestasi yang sudah diraih oleh Qodri.

”Sejauh ini, Qodri adalah salah satu mahasiswa yang secara khusus saya bina dan sangat berprestasi di FT bahkan USK dan dia sudah banyak ikut dalam dunia lomba/kompetisi,” ucapnya.

Dr. Farid menilai, pPrestasi yang diperoleh Qodri menjadi cermin dari dedikasi dan kerja kerasnya yang konsisten. Dalam upayanya untuk mengasah minat, bakat dan pengetahuannya di bidang keteknikan, Qodri tidak pernah mengenal batasan.

Ia memilih untuk melibatkan diri dalam kompetisi-kompetisi bergengsi, yang menguji ide serta kemampuannya sekaligus membuktikan bahwa impian besar dapat dicapai melalui kerja keras yang tanpa henti,” ucapnya.

Dalam mengikuti berbagai lomba dan kompetisi tersebut Qodri dibimbing oleh beberapa dosen di antaranya: Prof. Dr. M. Faisal, S.T., M.Eng; Ir. Hisbullah, S.T., M.Eng.Sc; Ir. Mukhriza, S.T., M.Sc; Dr. Ir. Farid Mulana, S.T., M.Eng; Prof. Dr. Ir. Yunardi, S.T., M.A.Sc; Dr. Azwar, S.T., M.Eng.Sc; dan Sarika Zuhri, S.T., M.T yang semuanya dosen pada Fakultas Teknik USK.

Baca Juga :  Memahami Pentingnya Alat Penilaian Pembelajaran

Atas prestasi yang telah diraihnya, Qodri tak pernah berhenti untuk terus bersyukur kepada Allah SWT serta berterima kasih kepada kedua orang yang selalu mendukung dan mendoakannya, dosen pembimbing dan dosen-dosen Jurusan Teknik Kimia serta teman-teman yang telah memberikan dorongan untuk terus maju.

“Alhamdulillah, saya merasa senang dan bangga dapat mengharumkan nama Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala di kancah nasional dan internasional. Dan InsyaAllah ke depannya, saya mohon do’a dan dukungan semoga tetap dapat membanggakan dan mengharumkan almamater di kompetisi-kompetisi bergengsi lainnya,” ucap Qodri.

Selain itu, Qodri juga menjelaskan bahwa prestasi-prestasi yang telah dicapainya terasa tidak mungkin jika tanpa dukungan dari kampus.

“Dalam hal ini, kampus khususnya Fakultas Teknik memainkan peranan penting dalam melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi, seperti diperlukannya fasilitas bimbingan, ruang diskusi, dan lainnya. Menurut saya, sejauh ini, USK is still the best one for me,” ucapnya.

Sebagai pemuda yang terlahir dari keluarga yang sederhana, tentu bukanlah hal yang mudah untuk berkarya dan berpestasi. Namun, Qodri tetap semangat dan pantang menyerah, keikhlasan dalam berdo’a, dan percaya akan diri sendiri merupakan kunci suksesnya.

“Your Beliefs Will Make You Fly High, itulah perkataan kedua orang tua saya yang telah menjadi motto hidup saya dan terus mendorong saya untuk maju,”ucapnya”.

Dekan Fakultas Teknik USK Prof. Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC, sangat mengapresiasi perolehan prestasi salah satu mahasiswa Fakultas Teknik ini. Menurutnya, prestasi yang berhasil diraih oleh Qodri merupakan bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras yang telah ia persembahkan.

Prof. Alfiansyah mengakui bahwa Qodri telah menjadi inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa lain di Fakultas Teknik. Ia melihat Qodri sebagai teladan yang memperlihatkan bahwa dengan semangat dan tekad yang kuat, siapapun dapat meraih prestasi yang gemilang. Selain itu, ia juga mencatat bahwa keberhasilan Qodri dalam berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional telah memperkuat reputasi Fakultas Teknik dan Universitas Syiah Kuala secara keseluruhan.

Baca Juga :  Polda Aceh Tangkap Terduga Pembunuh Wanita yang Ditemukan di Gunung Salak

Prof. Alfiansyah juga menekankan bahwa Fakultas Teknik dan universitas sebagai lembaga pendidikan bertanggung jawab untuk mendukung dan membina potensi mahasiswa seperti Qodri.

Ia berharap bahwa pencapaian Qodri dapat memotivasi mahasiswa lain untuk mengembangkan kemampuan mereka di bidang akademik maupun non-akademik.

“Pencapaian ini merupakan bukti bahwa akreditasi internasional yang diraih Program Studi Teknik Kimia dalam tahun ini telah melecut minat dan bakat mahasiswa untuk mengikuti berbagai lomba dan kompetisis dan meraih prestasi sesuai dengan level akreditasi internasionalnya,” ucapnya.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan, merasa bangga dan terkesan dengan prestasi yang telah diraih oleh Qodri. Baginya, Qodri adalah bukti nyata bahwa pendidikan yang berkualitas, disiplin, dan berorientasi pada hasil dapat menciptakan individu yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Rektor mengungkapkan bahwa kesuksesan Qodri tidak hanya merupakan kebanggaan bagi USK, tetapi juga mewakili dedikasi dan kerja keras dari seluruh tim akademik dan tenaga pengajar universitas.

Rektor berharap bahwa pencapaian Qodri dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk tidak pernah mengabaikan kesempatan belajar dan berusaha maksimal dalam menggapai cita-cita mereka.

Sebagai pemimpin universitas, Prof. Marwan menekankan pentingnya memberikan dukungan yang memadai bagi mahasiswa berprestasi seperti Qodri. Ia berkomitmen untuk terus meningkatkan fasilitas dan sumber daya yang tersedia di Universitas Syiah Kuala, sehingga mahasiswa yang berbakat dan berpotensi dapat berkembang secara optimal.

“Semoga akan muncul mahasiswa berpretasi yang lainnya seperti Qodri yang akan terus membanggakan Universitas Syiah Kuala, Jantong Hatee Rakyat Aceh ini,” ucap Rektor.[]

banner 300250