Mercusuar Tanjung Kalian, Salah Satu Objek Wisata di Kota Muntok

Mercusuar Tanjung Kalian adalah sebuah menara suar yang ada di kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tepatnya Menara suar ini terletak di tepi Pantai Tanjung Kalian Muntok yang mempunyai jarak kurang lebih 6-7 kilometer dari pusat Kota Muntok.

Menurut dari sejarah Nya, menara Mercusuar Tanjung Kalian adalah menara yang digunakan untuk mengamati pada nahkoda yang sedang berlayar. Sebelum berlayar, para nakhoda akan memantau kondisi laut dari puncak Menara suar tersebut dengan ketinggian kurang lebih 40 mil dari puncak menara. Puncak menara Suar juga mempunyai lampu navigasi yang menyala dengan sangat terang, apalagi pada malam hari, cahaya lampu mercusuar akan berputar menuju ke arah laut dan cahaya ini yang menjadi pedoman bagi nahkoda kapal saat ingin melintasi perairan pada malam hari.

Menara Mercusuar Tanjung Kalian mempunyai ketinggian mencapai 65 meter dan mempunyai warna cat merah dan putih. Bentuk bangunan masih asli seperti dulu bahkan belum pernah dirubah sama sekali. Walaupun begitu bentuk bangunan masih sangat kokoh dan selalu dirawat dengan baik, seperti melakukan pengecatan ulang.

Jika kita ingin mencapai puncak Menara Mercusuar Tanjung Kalian kita harus melewati 16 lantai, dari lantai yang satu ke lantai yang lainnya dengan dipenuhi oleh beberapa anak tangga. Jadi untuk mencapai ke atas puncak mercusuar kita masih harus melewati 2 lantai terakhir yang beruba tangga kayu, setelah sampai kita akan menemui puncak suar dengan bentuk menyerupai balkon yang mempunyai lebar kurang lebih 40-60 cm dan balkon di beri pagar setinggi 50 cm yang mengelilingi puncak Menara Mercusuar Tanjung Kalian ini.

Dari puncak mercusuar, kita dapat melihat pemandangan yang indah di sekitar mercusuar. Dari atas mercusuar kita dapat melihat pemandangan ke arah laut yang indah dan juga kita dapat melihat aktivitas orang-orang dan kapal penyeberangan di pelabuhan Muntok.

Baca Juga :  Mengapresiasi Kembali Tari Beripat Beregong

Bagi yang tidak berniat untuk naik ke puncak menara, kita dapat menikmati struktur bangunan Menara dan juga pemandangan di depan bangunan Menara. Warga kota Muntok biasanya menikmati keindahan pantai pada sore hari karena dapat melihat sunset.

Di sekitaran Pantai Tanjung kalian juga ada sangat banyak pedagang kuliner khas Muntok yang berjualan di sekitaran Pantai. Makanan khas yang biasanya ditemukan adalah otak-otak dan satai panggang. Suasana sunset yang sangat indah di pantai Tanjung kalian serta sinar matahari menjelang malam dengan latar mercusuar yang bersejarah peninggalan masa lalu merupakan keindahan yang sangat sulit dilupakan pada saat berkunjung di menara mercusuar kota Muntok.[]

Pengirim :
Princes Helen, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung

banner 300250