Pemkab Aceh Besar ajak HMI Ikut Andil dalam Pembangunan Daerah

Aceh Besar, TERASMEDIA.NET – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar mengajak Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Aceh Besar ikut andil dalam pembangunan, hal itu disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto S.STP, MM melalui Asisten Pemerintahan Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat, Farhan, AP saat memberikan sambutan pada acara pelantikan HMI Periode 2023-2024 dan Dialog Kebangsaan di Aula Poltekkes Kemenkes Aceh, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Kamis (1/6/2023) malam.

Farhan dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Pengurus HMI Cabang Aceh Besar Periode 2023-2024 yang baru saja dilantik, dengan harapan semoga dapat memberikan dampak berupa kemajuan kuantitas dan kualitas organisasi yang telah lama berkembang serta mampu berkontribusi secara optimal untuk menjadi mitra pemerintah demi mewujudkan generasi yang solid, bertanggung jawab dan berakhlaqul karimah tentunya sebagai bentuk adanya kontribusi dan andil HMI dalam pembangunan Kabupaten Aceh Besar.

“Selamat kepada para Pengurus HMI Cabang Aceh Besar yang baru saja dilantik, semoga dapat memberikan energi positif demi kemajuan kuantitas dan kualitas organisasi serta mampu memberi konstribusi dan ikut andil dalam pembangunan Kabupaten Aceh Besar,” ujarnya.

Baca Juga :  Mendorong Pembangunan Daerah Melalui Peningkatan Kualitas Infrastruktur dan Pelayanan Publik

HMI sebagai sebuah organisasi Mahasiswa Islam harus terus dapat menguatkan diri menjadi organisasi yang lebih modern dan tentunya tetap mengedepankan nilai-nilai Islam guna menghadapi segala tantangan yang timbul akibat pengaruh globalisasi, sehingga seluruh kegiatan organisasi akan lebih efektif dan bermanfaat untuk umat.

“Jadi HMI harus lebih mengedepankan nilai-nilai Islam dalam menghadapi segala tantangan yang timbul akibat pengaruh global, sehingga dapat memberi manfaat bagi umat disetiap kegiatan yang dilakukan oleh organisasi,” pesannya.

Selain itu Farhan juga mengharapkan kepada pengurus HMI yang baru saja dilantik untuk mengambil andil dalam membangun akhlak dan karakter mahasiswa khususnya mahasiswa di Kabupaten Aceh Besar. Karena mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa, harus memiliki karakter yang kuat dan berprinsip sehingga mampu menghindari diri dari persoalan dekadensi moral yang saat ini sangat gencar melanda generasi muda, baik itu pelajar ataupun mahasiswa, serta harus mampu memfilter budaya barat yang tidak sesuai dengan nilai agama dan budaya ketimuran.

Baca Juga :  Perusahaan Farmasi Global AstraZeneca Akui Vaksin Covid 19 Mempunyai dampak Langka

“Jadi HMI harus menjadi gerbang terdepan dalam memfilter budaya barat yang tidak sesuai dengan syariat kita,” imbuhnya.

Kemudian Farhan juga berharap, agar HMI harus mampu membimbing para mahasiswa yang tergabung dalam organisasi untuk mampu menciptakan program kerja yang jelas, pembinaan dan pelatihan kepemimpinan yang berkelanjutan serta mengajarkan kemandirian berorganisasi.

Dengan memiliki kemandirian sejak dini akan membuat organisasi menjadi semakin kuat, sehingga pengurus dan kader yang kreatif dapat mengembangkan peluang dan memanfaatkan waktu belajar berorganisasi secara optimal.

“Selain membentuk karakter mahasiswa, HMI juga harus mampu mengembangkan peluang dengan cara melakukan pembinaan dan pelatihan kepemimpinan serta mengajarkan kemadirian dalam berorganisasi,” jelasnya.

Farhan mengatakan tentunya Pemkab Aceh Besar akan sangat mendukung segala kegiatan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan para Mahasiswa dan kepemudaan di Kabupaten Aceh Besar.

“Jika kegiatan tersebut positif bagi perkembangan para Mahasiswa, tentunya Pemkab Aceh Besar akan sangat mendukungnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, Pj Bupati Aceh Besar melalui Farhan sangat mengharapkan kedepannya agar sinergitas antara HMI dan Pemkab Aceh Besar dapat terus terjalin dengan baik demi menghasilkan pembangunan yang berkesinambungan, baik yang bersifat fisik maupun yang bersifat mental.

Baca Juga :  Pemkab Aceh Besar Gelar Musyawarah Turun Sawah Musim Tanam Gadu dan Rendeng

“Kedepannya agar terus bersinergi antara HMI dan Pemkab Aceh Besar, supaya dapat menghasilkan pembangunan yang berkesinambungan, baik pembangunan fisik maupun mental,” pesannya.

Selain itu juga Farhan berharap agar HMI Cabang Aceh Besar dapat menjadi wadah pengkaderan yang mampu mendorong lahirnya calon-calon pemimpin generasi muda HMI sebagai regenerasi kader muda bangsa di tingkatan Kabupaten Aceh Besar sebagai estafet pengurus sebelumnya.

“Semoga Pengurus HMI yang baru saja dilantik, dapat menciptakan kader-kader yang mampu mendorong lahirnya calon-calon pemimpin dimasa yang akan datang,” ungkapnya.

Kepada Penerus HMI diharapkan memiliki visi kuat dan rencana strategis yang akurat dalam mengembangkan demokratisasi di kalangan Mahasiswa dan Pemuda khususnya di Kabupaten Aceh Besar.

“Jadi, penerus HMI harus memiliki visi yang kuat dan rencana strategis yang akurat dalam mengembangkan demokratisasi dikalangan Mahasiswa dan Pemuda, khususnya di Aceh Besar,” pungkas Farhan.[]***

banner 300250