Pengaruh Besar Kualitas Prasarana Transportasi Terhadap Aktivitas Masyarakat

Jalan merupakan fasilitas prasarana publik yang sangat penting. Jalan digunakan untuk melakukan perpindahan manusia maupun barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Fasilitas prasarana publik ini juga dapat mempermudah kehidupan sehari-hari, dan sangat dibutuhkan dalam menunjang segala aspek kehidupan. Pergerakan manusia dan barang dalam menuju suatu tempat pasti melewati sebuah jalan, terutama untuk para pengguna transportasi darat. Transportasi darat jenis pribadi maupun umum sering ditemui di jalan raya, dan hal tersebut mempengaruhi roda perekonomian.

Transportasi sangat berpengaruh dalam roda perekonomian suatu daerah. Keberadaan prasarana transportasi sangat mempengaruhi kondisi perekonomian. Masyarakat yang memiliki tingkat kesejahteraan yang rendah biasanya berada di daerah pelosok. Daerah pelosok tersebut biasanya tidak memiliki fasilitas prasarana yang memadai, sehingga proses ditribusi barang terhambat dan menyebabkan kemunduran perekonomian. Dengan meningkatkan kualitas jalan maka roda perekonomian akan ikut meningkat, namun di Indonesia fasilitas tersebut belum merata karena masih banyak ditemukan kerusakan jalan.

Kerusakan pengkerasan jalan banyak ditemui sehingga menyebabkan jalan rusak secara dini. Jenis kerusakan jalan sangat bermacam-macam, ada kerusakan ringan hingga berat. Kerusakan jalan disebabkan oleh berbagai faktor, hal tersebut dapat dikaitkan dengan kesalahan umum pada pelaksanaan pembangunan jalan serta perawatan jalan itu sendiri. Kesalahan umum yang menyebabkan usia aspal dini yaitu seperti ketidaksesuaian penentuan kadar aspal, rongga dalam campuran, dan temperatur pencampuran atau pemadatan. Kesalahan dalam pemeliharaan jalan juga menjadi penyebab kerusakan jalan.

Pemeliharaan jalan merupakan upaya penangan kerusakan dalam mempertahankan kondisi jalan agar tetap berada dikualitas tertentu. Penanganan kerusakan pada jalan disesuaikan dengan tingkat kerusakan dan mengikuti jenis perkerasan pada masing-masing jalan. Bentuk kesalahan pemeliharaan jalan diantaranya yaitu, tidak adanya pembangunan drainase untuk menyalurkan limpasan air dari jalan sehingga menyebabkan genangan air. Genangan air akibat kesalahan tersebut sangat berpengaruh buruk untuk aspal serta para pengemudi. Jika sudah ada
drainase namun pemeliharaan seperti adanya pembersihan, pengerukan, serta perataan pada saluran-saluran drainase belum dilakukan itu juga berdampak buruk, selain drainase berat muatan kendaraan juga sangat berpengaruh terhadap usia jalan. Muatan kendaraan yang berlebih sering kali dianggap remeh oleh pengendara.

Baca Juga :  Ilmu Fikih Sebuah Ilmu Kompleks Dalam Islam

Banyak pengendara yang meremehkan berat muatan yang dibawa terutama seperti truk pengangkut. Pemikiran tentang ketidakpeduliaan akan muatan yang dibawa tersebut sangat membahayakan pengendara serta menyebabkan usia jalan dini. Banyak ditemukan kerusakan jalan akibat kekuatan aspal yang tidak semestinya untuk menopang beban tertentu. Usia jalan yang dini akan terjadi jika tidak ada pembatasan muatan atau berat barang yang dibawa, berbagai kesalahan tersebut sangat berdampak buruk pada jalan sehingga menimbulkan berbagai jenis kerusakan jalan.

Berbagai faktor penyebab kerusakan jalan seperti diatas menyebabkan berbagai jenis kerusakan jalan. Kondisi aspal yang berubah bentuk dari profil aslinya merupakan jenis kerusakan jalan yang disebut deformasi. Tipe kerusakan ini merupakan penurunan permukaan yang diakibatkan karena adanya retak atau pergerakan antar slab beton. Kerusakan jenis deformasi memiliki beberapa tipe diantaranya yaitu, amblas, depression, pumping, rocking, sungkur, mengembang, dan benjol. Kerusakan jenis deformasi dapat menyebabkan jalan berlubang dan genangan air, hal ini sangat membahayakan keselamatan para pengendara. Deformasi merupakan jenis kerusakan yang memiliki banyak tipe, namun ada juga jenis kerusakan jalan lainnya yang juga menghambat aktivitas masyarakat.

Jenis kerusakan jalan selain deformasi diantaranya yaitu retak atau cracking. Jenis kerusakan ini disebabkan oleh beberapa faktor dan melibatkan mekanisme yang kompleks. Penyebab cracking diantaranya yaitu bahan perkerasan yang kurang baik, serta kurang stabilnya tanah dasar atau bagian perkerasan di bawah lapis permukaan. Retak juga memiliki beberapa tipe seperti retak melintang, retak memanjang, retak diagonal, dan lain sebagainya. Banyak pengendara yang mengalami kecelakaan lalu lintas karena adanya keretakan di jalan, hal tersebut sangat membahayakan keselamatan pengendara. Kerusakan permukaan jalan juga sering terjadi dibeberapa ruas jalan.

Baca Juga :  Analisis Peran WTO terhadap Sengketa Perdagangan Internasional

Kerusakan permukaan jalan dapat terjadi dikarenakan hilangnya material perkerasan secara berangsur-angsur dari lapisan permukaan kearah bawah. Pelapukan aspal juga menjadi penyebab kerusakan permukaan jalan. Permukaan jalan yang rusak dapat terlihat seperti ada penglupasan akibt terbakar sinar matahari, dan terlihat seakan pecah menjadi bagian-bagian kecil. Tipe kerusakan lain dari jenis ini yaitu nampak seperti ada gari-garis goresan yang sejajar. Kerusakan permukaan jalan biasanya terjadi di sepanjang pertemuan antara permukaan perkerasan aspal dan bahu jalan. Beberapa jenis kerusakan tersebut saling berkaitan dengan jalan berlubang yang lebih sering terlihat dan dikenal masyarakat.

Jalan berlubang sudah tidak asing lagi telihat maupun terdengar oleh masyarakat. Beberapa titik ruas jalan diberbagai daerah pasti terdapat jalan berlubang. Aspal yang kurang berkualitas menjadi penyebab utama jalan berlubang. Bentuk pemeliharaan jalan seperti penembelan jalan sangat sering terlihat, namun tak jarang juga tembelan jalan tersebut mempunyai usia dini sehingga jalan mudah berlubang Kembali. Jalan yang berlubang akan menyebakan terbentuknya genangan air, hal itu sangat berdampak pada keselamatan pengendara.

Berbagai dampak buruk akibat jalan yang rusak sering terjadi. Dampak buruk tersebut terjadi dari segala aspek kehidupan, diantaranya yaitu aspek ekonomi. Kerusakan infrastruktur jalan di sejumlah daerah menyebabkan terhambatnya pengendalian inflasi. Dampak lainnya yaitu menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat serta investor terhadap pemerintah. Kondisi ini akan menyebabkan penurun daya saing Indonesia di mata investor, dampak yang dirasakan adalah enggan masuknya investor dan mempengaruhi performa investasi. Kerusakan jalan juga sangat berdampak buruk terhadap aktivitas masyarakat.

Segala aktivitas masyarakat terutama dalam pergerakan atau perpindahan manusia maupun barang dari satu tempat ke tempat lain kini menggunakan kendaraan. Saat ini infrastruktur jalan yang baik sangat penting untuk menunjang kelancaran aktivitas masyarakat. Jika banyak kerusakan jalan seperti jalan berlubang pasti banyak aktivitas pengendara yang terhambat, seperti lambatnya kecepatan. Asumsinya jika berkendara dengan kecepatan yang rendah maka kegiatan yang akan dilakukan pasti akan tehambat, terlebih akan menimbulkan kemacetan. Dampak lain dari kerusakan jalan juga akan merusak kendaraan, seperti ban bocor dan lain sebaginya, hal itu sudah pasti akan menjadi penyebab terlambatnya pengendara untuk sampai ke tempat tujuan. Kerusakan jalan sangat menghambat aktivitas dan juga berdampak buruk terhadap keselamatan masyarakat.

Baca Juga :  Bersama Tunalaras Tak Kenal Maka Tak Sayang

Banyak sekali korban dari kecelakaan lalu lintas akibat buruknya infrastruktur jalan di Indonesia, hal itu membuktikan bahwa kerusasakan jalan mengancam keselamatan pengendara. Jalan yang berlubang serta banyaknya genangan air mengakibatkan jalan menjadi licin, kondisi jalan seperti itu dapat mengakibatkan pengendara tergelincir. Dampak lain yang membahayakan nyawa pengendara yaitu Ketika banyak jalan yang berlubang, Ketika libur Panjang dan kondisi infrastruktur jalan buruk maka akan terjadi kemacetan Panjang, keadaan seperti itu mengakibatkan pengendara depresi dan tidak focus saat mengemudi hal tersebut juga dapat mengancam keselamatan pengendar.[]

Pengirim :
Yunita Rochmawati, Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, Universitas Tidar, email : yunitarochmawati06@gmail.com

banner 300250