Peran Beasiswa dalam Mewujudkan Impian Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu aspek utama suksesnya program pembangunan nasional, karena pendidikan memegang peranan penting dalam mewujudkan pembangunan di segala bidang secara merata dan menyeluruh. Pendidikan merupakan sarana utama dalam pengembangan sumber daya manusia yang dapat membangun dirinya, serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. Dengan adanya pendidikan, kehidupan manusia akan lebih berkualitas dibandingkan dengan zaman terdahulu, sehingga akan lebih siap dalam menghadapi semua fenomena pada era globalisasi seperti sekarang ini.

Pendidikan adalah hak bagi semua generasi bangsa Indonesia. Tidak ada istilah pembeda dalam Pendidikan. Pendidikan layak untuk didapatkan semua orang dari berbagai latar belakang dan aspek, terutama dalam hal finansial. Pada keadaan sekarang ini seharusnya sudah tidak ada lagi peserta didik yang menjadikan masalah finansial sebagai hal yang membelenggunya dalam memperoleh Pendidikan. Pemerintah sendiri sudah memfasilitasi bagi peserta didik yang memiliki keadaan finansial kurang mampu agar tetap mendapatkan pendidikan yang layak.

Baca Juga :  Dampak dan Cara Menyikapi Era Globalisasi

Beasiswa bukan hanya diperuntukkan bagi peserta didik yang lemah dalam finansial saja, namun mereka juga diakui akan prestasinya baik dalam hal akademik maupun non akademik. Jadi, jika masih ada orang yang memandang penerima beasiswa adalah hanya sebatas “orang miskin” itu tidak tepat. Untuk mendapatkan beasiswa peserta didik harus memiliki potensi, prestasi dan motivasi yang tinggi dalam meraih mimpinya di tengah hambatan ekonomi keluarga. Beasiswa menjadi sarana yang membangun motivasi peserta didik agar meraih impiannya setinggi mungkin.

Program pemerintah yang mendorong peserta didik dengan latar belakang kurang mampu salah satunya adalah PIP (Program Indonesia Pintar) yang diluncurkan dalam bentuk KIP (Kartu Indonesia Pintar). Bagi peserta didik yang memiliki latar belakang ekonomi kurang mampu juga dapat melanjutkan Pendidikan Perguruan Tinggi.

Baca Juga :  Program Parenting dalam Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar

Beasiswa Perguruan Tinggi S1 dan S2 juga dapat Anda dapatkan di luar program pemerintah melalui lembaga dan yayasan yaitu seperti LPDP (Lembaga Pengembangan Dana Pendidikan), Lembaga Baznaz, Dikti (Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi), Yayasan Pendidikan Pelita Harapan, dsb. Ketika seorang peserta didik memperoleh beasiswa itu berarti mereka telah diakui prestasinya yang membuat mereka akan lebih termotivasi untuk menggali lebih dalam potensi yang ada pada dirinya, lebih berkomitmen dan bersemangat dalam menggapai mimpi dan tujuan mereka.

Beasiswa menjadi bermanfaat bagi peserta didik ketika penerima beasiswa memanfaatkan uang beasiswa dengan bijak. Uang beasiswa sebaiknya digunakan untuk hal-hal penunjang pendidikan seperti membayar biaya kuliah dan buku-buku yang diperlukan dalam perkuliahan. Setelah itu, gunakan uang beasiswa sebagai penunjang potensi dalam diri anda seperti mengikuti pelatihan maupun seminar.

Baca Juga :  Ayo Ikutan, Kejar Mimpi Lhokseumawe Talks 16 Bertema "Self-Care dan Self-Love"

Kebutuhan diri sendiri juga penting untuk diperhatikan, namun jangan membeli sesuatu yang tidak terlalu anda butuhkan. Belajarlah berhemat dalam penggunaan uang beasiswa agar ada sisa uang yang bisa kita tabung untuk masa depan maupun keperluan mendesak waktu yang akan datang.

Kesimpulannya adalah beasiswa berperan penting dalam upaya meraih mimpi peserta didik dengan latar belakang ekonomi kurang mampu, namun memiliki potensi dan prestasi yang bagus serta memiliki semangat yang tinggi dalam meraih mimpi dan cita-citanya. Dengan beasiswa semua peserta didik dapat bermimpi dan bercita-cita setinggi mungkin. Tidak ada lagi istilah pendidikan hanya untuk orang kaya, namun pendidikan berhak dienyam oleh siapa saja yang bersungguh-sungguh.[]

Pengirim :
Lanuta Putrihati, Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan, email : lanutaputrihati@gmail.com

banner 300250