Pesona Wisata Gua Pintu Kuari di Tamiang Memang tidak ada Duanya

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – Gua ini adalah gua yang terdapat di Dusun Pintu kuari, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang. Gua ini menjadi objek pariwisata yang paling banyak didatangi oleh wisatawan.

Sri Rahayu (20) salah satu warga yang tinggal di daerah itu mengungkapkan, kebanyakan pengunjung yang dari daerah lain seperti Sumut, Palembang bahkan ada yang dari luar negeri.

“karena tidak ada pencahayaan di dalam gua mereka masuk dengan memakai senter bahkan ada juga yang pakai obor,” ucapnya (22/03/2024).

Masih Sri Rahayu, selain gelap, suhu udara yang ada di dalam gua tersebut agak sedikit dingin serta di dalam gua tersebut juga banyak terdapat sarang kelelawar.

Baca Juga :  Kota Banda Aceh Mulai Rumuskan Konsep Wisata Halal

Ketika pertama masuk masuk ke dalam gua kita pasti mendengar suara kelelawar, terang saja, gua tersebut memang menjadi salah satu bagi habitat hewan malam ini. Gua ini masih dijaga akan keaslianya “Akan tetapi, banyak juga masyarakat yang mengambili batu-batu gua itu dengan cara dicongkel ntah untuk apa saya juga kurang tau” imbuhnya.

“Harusnya mereka menjaganya bukan malah merusaknya, tapi ya begitulah, keegoisan masyarakat yang ada di sana” ucap Sri Rahayu lagi.

Namun pesona Gua Pintu Kuari memang tidak ada duanya cobalah kamu masuk ke dalamnya. Hanya saja, dibutuhkan keberania untuk bisa masuk ke dalamnya diakibatkan suasana gelap dan banyak kelelawar yang beterbangan.

Baca Juga :  Paradigma Manusia Indonesia dari Perspektif yang Beragam

Ibarat kata, masuk gua ini harus siap dengan senam jantung. Disini, suasanya sangat gelap. Jadi, jangan lupa bawa senter dengan kualitas terbaik. Disaranakan untuk masuk ke dalam jangan sendiri, ajaklah penduduk sekitar agar keamanan kamu tetap terjaga. []

 

banner 300250