Tiga Kota di Aceh Terima Penghargaan Adipura Tahun 2023

Banda Aceh, TERASMEDIA.NET – Tiga kota di Provinsi Aceh berhasil meraih penghargaan Adipura tahun 2023. Ketiga kota ini adalah Kota Banda Aceh, Kota Langsa dan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya.

Sebagaimana diketahui, penghargaan Adipura merupakan penghargaan paling bergengsi di bidang pengeleolaan lingkungan hidup, diantaranya pengelolaan persampahan dan ruang terbuka hijau.

Tahun ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan Piala Adipura Kencana kepada 5 kota, Piala Adipura 106 kota, 51 kota penerima Sertifikat Adipura dan 6 kota penerima penghargaan Plakat Adipura.

Baca juga : Banda Aceh Raih Piala Adipura ke-11, Ismawardi Apresiasi Pasukan Orange

Penyerahan penghargaan Piala Adipura 2023 ini dilakukan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024) yang lalu.

Baca Juga :  Personil Polres Gayo Lues Temukan 16 Hektare Ladang Ganja siap Panen

Dari 106 kabupaten/kota penerima Piala Adipura 2023 ini, terdapat 2 kabupaten/kota dari Aceh, yaitu Kota Banda Aceh dan Kota Langsa.

Bagi Kota Banda Aceh, penghargaan Adipura tahun 2023 ini merupakan penghargaan Adipura untuk yang ke-11 kalinya dalam kategori Kota Sedang.

Baca juga : Aceh Singkil Mulai Berbenah Menuju Kota Adipura Tahun 2023

Sedangkan bagi Kota Langsa, perolehan Adipura tahun 2023 ini merupakan untuk yang ke-2 kalinya, setelah sebelumnya pada tahun 2016 Kota Langsa juga mendapat penghargaan yang sama dalam kategori Kota Kecil.

Sedangkan Suka Makmue Ibukota Kabupaten Nagan Raya juga berhasil meraih penghargaan Sertifikat Adipura untuk pertama kalinya kategori kota kecil.

Baca Juga :  Pj. Bupati Aceh Tamiang Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Kedisiplinan

Penghargaan Adipura ini merupakan agenda nasional yang diberikan kepada kota/kabupaten yang berhasil dalam segi kebersihan serta pengelolaan untuk tujuan kepemimpinan dan komitmen Pemda.

Selain itu, juga membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat dalam berperan menyelaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam pembangunan daerah.[]

banner 300250