Aceh Singkil Mulai Berbenah Menuju Kota Adipura Tahun 2023

Aceh Singkil, TERASMEDIA.NET – Kabupaten Aceh Singkil ditargetkan meraih penghargaan adipura pada tahun 2023 mendatang. Untuk mewujudkan target tersebut, dimulai dengan kegiatan kantor asri festival (Kantrifes) pada tahun 2022.

“Kota Singkil ditargetkan meraih adipura tahun 2023, dan salah satu langkah yang dilakukan ialah dengan sosialisasi pelaksanaan kantrifes ke seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Aceh Singkil,” kata Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Aceh Singkil, Rahman, Selasa (27/9/2022).

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Singkil Marthunis, mengatakan, kegiatan kantrifes ini dilaksanakan dengan swadaya oleh masing masing kantor pemerintah.

“Mari kita sisihkan sebagian pendapatan kita untuk kegiatan ini, kapanlagi kita berkontribusi untuk daerah kita dan kantor kita,” kata Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Marthunis Marthunis lantas meminta semua jajaran menjaga kebersihan dan mengasrikan semua perkantoran pemerintah.

Baca Juga :  Aceh Singkil Tuan Rumah Pra Pora Sepak Bola Grup A

Sebab, untuk meraih kota adipura, salah satu syaratnya melalui penilaian prasarana dan sarana perkotaan yang berlokasi pada ibu kota kabupaten/kota.

“Kebersihan kantor bukan hanya untuk adipura, tetapi kantor pemerintah merupakan contoh bagi masyarakat.

Kalau kantor pemerintah saja kotor tidak terawat bagaimana dengan lingkungan yang ada di sekitar kita,” kata Marthunis.

Lebih lanjut Marthunis menegaskan bahwa sudah buat jadwal pelaksanaan kantor asri festival tahun 2022. Dimulai dengan tahapan sosialisasi, lalu tahap persiapan kantor dan selanjutnya memasuki tahapan penilaian dan pengumuman.

“Timeline kantrifes tahun 2022 sudah kita susun, dimana mulai 27 September sampai dengan 9 Oktober seluruh kantor dalam Kota Singkil harus sudah melakukan persiapan prasarana dan sarana.

Baca Juga :  FAKSI Minta Stop Penyiksaan Tahanan di Aceh

Kemudian tanggal 10 sampai dengan 16 Oktober dilakukan tahapan penilaian dan 17 Oktober akan diumumkan apakah Kota Singkil layak menjadi nominasi peraih adipura tahun 2023,” tutur Marthunis.

Pada bagian lain Pj Bupati meminta peran serta seluruh elemen masyarakat mendukung Kota Singkil meraih adipura tahun 2023.

Menurutnya, ada enam kriteria penilaian untuk meraih kota adipura. Masing-masing penilain area kantor, drainase, ruang terbuka hijau (RTH), tempat pembuangan sampah (TPS), pemilahan sampah, dan kegiatan pengomposan.

Sementara itu Masdiana, Plt Kepala Dinas Lingkungan Aceh Singkil, mengajak seluruh kepala SKPK menjadi contoh dalam mengelola sampah. Caranya dengan membiasakan memilah sampah sesuai jenisnya yaitu organik, anorganik, dan sampah B3.[] serambinews

banner 300250