Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Tips membeli mobil bekas berkualitas memang tidak dapat berlangsung dengan mudah, wajib melalui proses yang tepat

Otomotif, TERASMEDIA.NET – Tips membeli mobil bekas berkualitas memang tidak dapat berlangsung dengan mudah, wajib melalui proses yang tepat. Keuntungan membeli mobil bekas dibanding mobil baru adalah Anda dapat langsung menggunakannya. Hal yang lain juga adalah jika dibandingkan dengan mobil baru yang setiap membeli sudah mengalami depresiasi 25%,

Harga jual mobil bekas tentunya lebih murah dan tidak perlu khawatir dengan harga pajak yang mahal. Karena setiap tahunnya ada kemungkinan pajak tahunan dapat berkurang tergantung dari berapa harga pajak kendaraan baru Anda.

Hanya saja, jika membelinya dengan sembarangan, kemungkinan besar Anda bukannya untung justru akan merugi. Nah, untuk itu sebelum salah pilih bahkan sampai apes memilih mobil bekas banjir. Yuk, simak tips dibawah ini!

Tips Membeli Mobil Bekas

1. Tentukan Budget

Sebelum memilih mobil bekas yang akan Anda beli, tips paling pertama adalah mengetahui berapa harga mobil yang ingin Anda beli. Mengapa demikian? Sehingga Anda sudah bisa merencanakan skema pembayarannya sejak awal dan tidak akan mengganggu keuangan Anda.

Kredit Mobil Bekas

Tips membeli mobil bekas dengan kredit yang wajib Anda perhatikan adalah berapa bunga yang dibebankan pada Anda. Biasanya membeli mobil bekas cenderung memiliki bunga yang lebih tinggi dapat mencapai 6% dibanding mobil baru biasanya hanya 3%.

Untuk itu ada baiknya membayar uang muka yang cukup besar atau bisa memilih jangka waktu pencicilan yang diperpanjang. Namun, biaya seperti ini tertutup dengan biaya pajak yang setiap tahunnya cenderung stabil bahkan dapat menurun bergantung pada tahun keluaran produk mobil.

Over Kredit Mobil

Over kredit mobil bekas dapat Anda lakukan dengan catatan tidak melakukan transaksi tanpa ada lembaga keuangan yang menjadi perpanjangan tangan. Biasanya di kemudian hari jika melaksanakannya tidak sepengetahuan yang berwajib, kesulitan yang ditemukan adalah pengurusan dokumen rentan terkendala.

2. Survey tempat membeli

Tips membeli mobil bekas yang paling jitu adalah melakukan survey tempat. Survey tempat baik dealer offline akan memudahkan Anda untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas. Sebaliknya, jika hanya memeriksa ketersediaan via website atau secara online.

Potensi terjadinya penipuan terhadap kondisi mobil yang sebenarnya lebih tinggi. Untuk itu, ada baiknya mengecek secara online maupun offline untuk memverifikasi ketersediaan mobil yang ada.

Baca Juga :  Viral...! Tidak Terima Ditilang Polisi Pemuda Ini Bakar Motornya Sendiri

3. Cek Kelengkapan Dokumen Mobil

Hindari mengesampingkan hal ini sejak awal saat hendak membeli mobil bekas. Membeli mobil bekas tanpa mengetahui kelengkapan dokumen akan membahayakan Anda di kemudian hari. Periksa pembayaran Pajak dan BPKB mobil. Sesuaikan semua data apakah sama dengan jenis mobil bekas yang hendak Anda beli.

4. Cek Fisik & Garansi Resmi Mobil

Saat melakukan pembelian mobil bekas pastikan untuk melakukan pengecekan secara fisik mobil dengan baik. Hal yang perlu diperhatikan adalah usia mobil dan kilometer tempuh mobil. Biasanya kilometer mobil yang terlalu besar bisa jadi menandakan mobil yang Anda gunakan adalah mobil capek.

Garansi resmi mobil adalah hal yang juga wajib Anda tanyakan. Jika mobil masih memiliki garansi resmi servis, maka ini tentunya akan menjadi keuntungan bagi Anda tersendiri untuk melakukan pembelian. Biasanya garansi servis mobil diberi gratis hingga jarak 50.000 km. Namun, ini pun tergantung pada jenis mobil yang Anda gunakan. Nah, untuk lebih mudah memantaunya Anda wajib memintakan buku servis mobil.

5. Cek Interior Mobil

Bagian Interior mobil adalah hal yang penting untuk dicek. Mengapa demikian? Tentu saja pada bagian ini ada banyak sistem kelistrikan yang patut dijaga.

Termasuk melakukan pengecekan pada bagian elektronik seperti headunit hingga fungsi lampu. Pastikan Anda juga merasakan pergerakan steering wheel dan apakah saat perpindahan transmisi terasa lebih mudah. Jika tidak, maka persneling mobil sudah saatnya untuk diganti.

6. Cek Eksterior Mobil

Saat membeli mobil bekas berkualitas jangan lupa melakukan pengecekan eksterior mobil. Apa saja yang patut Anda cek dari segi eksterior? Simak ini komponen-komponen yang wajib Anda cek:

Body Mobil

Pastikan mobil tidak mengalami modifikasi berlebihan pada struktur, warna sehingga mesin di dalamnya. Hindari memilih mobil yang sudah dimodifikasi jika Anda berminat untuk menggunakannya demi mobilitas Anda. Ada baiknya cek komponen yang baru diperbaiki, karena bisa saja menjadi bekas tabrakan atau baret indikasi kecelakakaan.

Mesin Mobil

Buka kap mesin dan lihat paling tidak mesin dibersihkan, perhatikan jika mesin tidak terawat biasanya sisa-sisa debu akan terlihat. Coba bunyikan mesin 5-10 menit dan buka kap untuk mendengar apakah suara mesin halus atau tersendat. Jika tersendat, maka kemungkinan mesin mobil tidak berfungsi dengan baik. Anda juga bisa melihatnya dengan mengecek warna asap mobil yang dikeluarkan.

Baca Juga :  KKP Panggil PT Pertamina Terkait Tumpahan Minyak di Aceh Timur
Aki dan Cairan Mobil

Aki yang berfungsi untuk menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen yang ada di dalam mobil. Nah, tips membeli mobil bekas berkualitas kali ini adalah memastikan bahwa mobil yang hendak Anda beli akinya tidak soak. Biasanya tanda-tanda yang dapat Anda ketahui adalah lampu mobil yang nyalanya tidak seterang biasanya. Begitu juga dengan suara klakson yang nampaknya mulai pudar.

Suspensi

Suspensi mobil bermasalah biasanya terlihat dari mobil yang tidak berimbang alias miring. Ini biasanya disebabkan karena mobil sering mengangkat beban yang berat. Biasanya steer mobil menjadi cenderung lebih sulit dikendarakan dalam keadaan rendah.

Hal lain yang bisa Anda lihat juga saat menutup bagasi belakang mobil. Ketika mencoba menutupnya, Anda melihat mobil cenderung berayun-ayun, maka ini bisa jadi disebabkan karena suspensi mobil yang sedang rusak.

Ban Mobil

Ban mobil yang kempes memang kelihatan sepele, namun jika terlalu sering diabaikan dapat merusak suspensi mobil. Terlebih dapat membahayakan keselamatan Anda, apalagi ketika melewati jalan berlubang. Jadi, jika menemukan ban mobil yang kurang beroperasi dengan baik, maka pertimbangkan kembali untuk membeli mobil bekas tersebut. Karena setelahnya, tentu Anda membutuhkan spooring untuk memperbaikinya.

Kampas Rem Mobil

Rem tangan mobil dan seluruh bagian rem dalam mobil adalah hal yang paling penting untuk dikenali cara kerjanya. Jika Anda merasa rem mobil tidak terlalu pakem, bisa saja masalah yang timbul adalah kampas rem yang mulai berkurang. Sehingga, tips membeli mobil bekas terbaik kali ini adalah periksa buku service dan riwayat perawatan yang pernah dilakukan.

Gunakan senter dan lihat untuk memastikan jika kampas rem memiliki tebal yang berkurang kira-kira sudah tersisa 1/4. Anda juga perlu lebih peka terhadap kampas rem, jika timbul bunyi berdecit saat direm, Anda perlu menggantinya.

Baca Juga :  Gubernur Ajak Pengusaha Australia Berinvestasi di Aceh

7. Periksa Catatan Servis Mobil

Nah, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah mengecek kembali catatan servis mobil. Mengapa ini penting? Ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui apakah mobil mendapatkan perawatan rutin secara berkala. Sehingga, Anda dapat mengenali lebih baik resiko yang kemungkinan Anda terima kedepannya terutama perkiraan biaya servis mobil.

8. Jangan tergiur dengan harga miring

Ingat untuk tidak tergiur dengan harga miring, biasanya harga miring memiliki indikasi mobil sudah tua atau bahkan mobil bekas banjir. Untuk itu perhatikan harga pasar dan pahami apa saja yang akan ditanggung oleh dealer.

9. Lakukan Test Drive

Test drive sebelum membeli mobil bekas adalah faktor yang sangat penting untuk dilakukan agar Anda tidak sampai tertipu dan kecolongan membeli mobil bekas yang rusak atau bekas banjir sekalipun. Tips membeli mobil bekas dengan aman tentunya dengan mengenali mobil yang hendak dibeli aman dan siap dipakai. Saat melakukan test drive, penting untuk melihat dengan baik bagaimana fungsi steering mobil, bagian internal, spesifikasi eksternal hingga mencobanya di berbagai rute untuk memastikan kinerja mesin baik. Anda juga wajib mendengar dengan saksama bunyi mesin, saat mobil mengerem hingga memperhatikan seluruh kelistrikan yang terlihat pada interior mobil.

10. Pastikan mobil bebas banjir

Mobil bekas berkualitas tentunya mobil yang sudah diverifikasi bebas dari banjir. Ini dia yang menjadi nilai unggul mobil bekas yang ada di Carsome. Melalui Carsome Certified, Carsome berkomitmen kepada konsumen bahwa mobil bekas yang masuk ke Carsome adalah mobil bekas yang bebas dari kerusakan parah apalagi banjir. Inspektor Carsome dibekali dengan berbagai keterampilan dan ilmu otomotif, sehingga menjadi tidak mungkin untuk melewatkan titik-titik penting pada mobil untuk diinspeksi.

Jual beli mobil bekas di Carsome tidak perlu ragu sekalipun, mengapa demikian? Selain proses penjualan mobil bekas yang sangat mudah, aman dan terpercaya. Membeli mobil bekas di Carsome, Anda akan mendapatkan jaminan uang kembali dalam 5 hari jika mobil yang diterima tidak sesuai dengan keterangan yang Anda dapatkan.[]

banner 300250