81 Imigran Rohingnya Terdampar di Simpang Ulim

TerasMedia.net | Aceh Timur – Sebanyak 81 imigran etnis Rohingya dari Myanmar terdampar ke sebuah pulau kecil di Desa Kuala Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur.

M. Ilyas, etnis Rohingya, di Aceh Timur, Jumat, mengatakan dirinya bersama rekan-rekannya terdampar, Jumat (4/6) sekira pukul 07.00 WIB.

“Sebelumnya, kami ada 90 orang. Namun, dalam perjalanan, sembilan orang, lima di antaranya perempuan dan empat laki-laki, meninggal dunia dalam perjalanan.

Kini, kami yang tersisa 81 orang, terdampar di daerah ini,” kata M Ilyas dalam bahasa Melayu.

Dengan nada terbata-bata, M Ilyas menceritakan awalnya mereka memulai perjalanan dari Myanmar ke Malaysia. Namun karena kondisi pandemi COVID-19, negara jiran tersebut menolak kedatangan mereka.

Baca Juga :  Keuangan Berkurang, Pemko Langsa Kesulitan Biayai Kegiatan Pemerintahan

“Lalu, kami terdampar ke laut India. Namun karena kapal kami bocor dan rusak, lalu nelayan India memberikan kami kapal ini untuk seterusnya melanjutkan perjalanan,” kata M Ilyas.

Setelah empat bulan terombang-ambing di laut lepas. Kemudian, kapal mereka kandas karena mesin rusak, sehingga terdampar di pulau kecil di Aceh Timur.

Berdasarkan catatan sementara, 81 imigran etnis Rohingya tersebut, 11 orang di antaranya anak-anak, 49 wanita, serta selebihnya laki-kali. []

Sumber : Antara

banner 300250