Ajang Kontes Robot Terbang Indonesia, Tim Robot UTU Lolos ke Tingkat Nasional

Meulaboh, TERASMEDIA.NET – Tim robot mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) berhasil melaju ke tingkat Nasional serta siap berlaga pada ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas Kemdikbud Ristek) pada tanggal 16 sampai 20 November mendatang.

Pembimbing tim Robot UTU, Maidi Saputra , ST., MT, didampingi Zakir Husain, ST. MT kepada media UTUNews mengatakan tim robot UTU telah siap mengikuti KRTI 2021.

Tim robot UTU yang akan berkompetisi di KRTI adalah tim divisi Racing Plane dan tim divisi Technology Development.

“Persiapan sudah lama kami lakukan sejak 5 bulan terakhir ini terus melakukan simulasi pesawat di lapangan untuk mematangkan dalam mengikuti perlombaan secara daring,” Jelas Maidi Saputra

Baca Juga :  Efektifkah Pembelajaran Jarak Jauh Anak Berkebutuhan Khusus

Ia berharap nantinya tim robot UTU dapat tampil secara maksimal dan meraih juara.

Sementara Muhammad Khatami dan Ari Wijaya sebagai ketua Tim KRTI menyampaikan bahwa saat ini timnya terus melakukan simulasi terhadap pesawat yang akan dipertandingkan nantinya.

“Dari simulasi yang telah dilakukan mereka melakukan penyempuranaan-penyempurnaan hingga pesawat dapat melakukan misi yang ditargetkan dengan sempurna,” ungkap Khatami

Keberhasilan ini mendapat pujian dan ucapan selamat dari Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE., MBA. Keberhasilan ini membuat kebanggaan tersendiri bagi UTU. Ia meminta tim KRTI untuk melakukan persiapan yang matang guna ikut lomba di tingkat nasional.

“Selamat bertanding dan mendapatkan pengalaman berharga, semoga karya mahasiswa ke depan dapat lebih dikembangkan bukan hanya sekadar untuk menghadapi kompetisi KRTI, melainkan untuk kemanfaatan yang lebih baik bagi masyarakat khususnya dibidang agro and marine industry.” Harap Prof. Jasman.

Baca Juga :  Universitas Teuku Umar Peusijuek Empat Doktor Baru

KRTI merupakan kompetisi robotika tahunan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta di bawah Kemdikbud Ristek. Penyelenggaraan KRTI 2021 memasuki tahun ke-8 sejak pertama diadakan pada tahun 2013 silam. Namun, sejak tahun 2020 lalu KRTI diadakan secara daring karena masih dalam suasana pandemi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, KRTI 2021 mempertandingkan 4 divisi lomba. Empat divisi yang dipertandingkan yakni Kontes Robot Terbang Indonesia yaitu (RP) Racing Plane (FW) Fixed Wing (VTOL) Vertical Take-Off Landing (TD) Technology Development. [] utu.ac.id

banner 300250