Universitas Syiah Kuala Dampingi UTU Naik Kelas ke PTN BLU

Banda Aceh, TERASMEDIA.NET – Sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), Universitas Syiah Kuala (USK) memastikan diri siap mendampingi Universitas Teuku Umar (UTU) naik kelas dari PTN Satker ke PTN BLU. Hal ini ditunjukkan dengan Penandatangan Kerja Sama (PKS) di Balai Senat, Jumat, 18 Januari 2024.

PKS ini ditandatangani Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Marwan bersama Rektor UTU, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si tentang: Persiapan akselerasi transformasi Perguruan Tinggi Negeri Satuan Kerja (PTN Satker) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU), melalui pendampingan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

Prof Ishak menyampaikan terimakasih kepada USK atas kolaborasi dan dukungan yang telah diberikan. Sebagai PTN yang baru menginjak usia 10 tahun, banyak capaian yang telah diraih UTU. Selain karena kerja keras semua pihak, aspek penting yang berkontribusi positif adalah unsur pimpinan di UTU mulai dari rektor hingga turunannya, ada atas izin penempatan dari Rektor USK.

Baca Juga :  Joko Wibisono Dilantik sebagai Kajari Aceh Tamiang yang Baru

“Bisa dikatakan, UTU ini kampus ketiganya USK, setelah PSDKU USK di Gayo Lues. Maka tanggung jawab memajukan UTU juga ada pada USK,” sebut Rektor UTU.

Selama menjadi PTN Satker, banyak prestasi yang UTU rengkuh. Karena itu, UTU bersiap naik kelas menjadi PTN BLU. Sebagai kampus sumber, UTU meminta USK melakukan pendampingan agar proses perubahan ke PTN BLU berjalan sesuai rencana.

“Kami memohon dukungan USK dari semua aspek untuk mengejar ketertinggalan, dan naik kelas dari PTN Satker ke BLU. Sehingga kami bisa melengkapi semua persyaratan untuk menjadi PTN BLU di lingkup Kemendikbudristek,” ujar Prof Ishak.

tamiang travel
@IKLAN_2024

Menanggapi hal ini, Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan menyatakan komitmen untuk terus membantu UTU tumbuh, berkembang dan maju. Utamanya percepatan akselerasi menjadi PTN BLU dari PTN Satker.

Baca Juga :  Kadispora Aceh Tamiang Lounching SSB Muda Sedia

“Program tentang revitalisasi pengembangan PTN di Indonesia dimulai dari tahun 2023, USK sebagai satu dari 21 PTN BH diminta oleh Kemendikbudristek untuk mendampingi PTN Satker di Aceh naik kelas ke PTN BLU. Kami siap mendampingi UTU,” kata Prof Marwan.

Menurutnya, USK yang sudah merasakan status PTN BLU sejak 2018 hingga kini sudah PTN BH, menjadi bekal pengalaman yang bisa diberikan kepada UTU untuk percepatan akselerasi. Tidak hanya UTU, di Aceh ada dua kampus lain yang juga masih PTN Satker, yakni Unsam dan ISBI.

“Yang pasti ada kemudahan ketika naik kelas menjadi PTN BLU, terutama sisi fleksibilitas pengelolaan keuangan. USK berharap, nantinya dengan perubahan menjadi PTN BLU, mutu dan pelayanan UTU makin meningkat,” ucap Rektor USK.[]

banner 300250