Bukan Sekedar Ucapan Poster, Selamat Hari Guru

Oleh : Iis Narahmalia*

Guru adalah sosok yang berperan besar dalam pendidikan. Guru menjadi seorang pahlawan tanpa tanda jasa bagi kita. Guru senantiasa bersabar dalam mengajar, mendidik dan melatih kita untuk memiliki pengetahuan, keterampilan, dan wawasan yang lebih dalam segala hal.

Sebagai bentuk penghormatan atas segala jasa-jasanya dalam mencerdaskan generasi bangsa maka pada setiap tanggal 25 November di peringati sebagai Hari Guru Nasional yang digelar dengan berbagai pertunjukan menarik di seluruh pelosok negeri seperti pemberian penghargaan atau kado menarik dari muridnya.

Peringatan Hari Guru Nasional sendiri ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Dimana guru memiliki kedudukan yang sangat penting dalam melaksanakan pembangunan nasional. Seorang guru menjadi aktor penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mulai dari segi kognitif, spiritual, dan sosialnya.

Perlu kita ketahui bahwa peringatan hari guru pada tanggal 25 November tersebut memiliki maksud dan tujuan tertentu. Sebab, tanggal tersebut juga menjadi hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia.

Makna dan Filosofi Logo Hari Guru Nasional 2022

Berbagai bentuk ucapan Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022 yang tersebar di akun media sosial merupakan wujud penghormatan atas semua dedikasi seorang guru yang telah mencurahkan tenaga dan fikiranya dalam mewujudkan cita-cita nasional yang terdapat dalam alinea ke IV UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Dalam memperingati hari guru pemerintah meluncurkan logo khusus yang memiliki filosofi dan makna tertentu. Logo tersebut diperkenalkan melalui surat edaran Kemendikbud soal Pedoman Pelaksanan Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2022. Dalam surat tersebut diketahui bahwa bentuk logo Peringatan Hari Guru Nasional 2022 berbentuk hati dengan tulisan Hari Guru Nasional 2022. Suasana keceriaan terlihat dari sekumpulan orang yang membentuk logo hati

Baca Juga :  LDK Nusantara INISNU Temanggung Sinergikan Media Informasi 𝖽an Digital

Selain itu, benda benda yang berbentuk media pembelajaran, laptop, telepon seluler. Hingga wifi, ikut meramaikan loho Hari Guru Nasional 2022. Logo tersebut tidak jauh berbeda dengan logo yang keluar pada 3 tahun terakhir, praktis yang berbeda menjelaskan tahunya saja. Namun , perbedaan yang cukup signifikan terjadi pada logo edisi 2022. Sebab, gambar orang tersebut sudah tidak menggunakan masker. Yang menggambarkan semangat belajar yang tinggi dan mulai bangkit pasca pandemi yang telah memvacumkan dunia pendidikan selama 3 tahun terakhir.

Elemen 4 orang dalam logo tersebut menggambarkan sosok figur bapak guru, ibu guru dan siswa siswi. Mereka tampak dinamis dan bersinergi dalam membangkitkan dunia pendidikan yang sekarang sudah berbasis teknologi. Sementara komponen hati sendiri sebagai bentuk keterpaduan, kekuatan, seluruh komponen yang terlibat dalam memajukan dunia pendidikan untuk selalu menciptakan semanat belajar yang merdeka dan penuh cinta. Dan harapanya mampu mencapai tujuan dan cita-cita kualitas pendidikan bangsa Indonesia.

Guru Sebagai Murrabbi Al-Ruh

Salah satu unsur terpenting dalam pendidikan adalah guru yang berperan sangat vital, utamanya dalam perkembangan pesertadidik. Mungkin mudah bagi kita untuk mengakses segala ilmu pengetahun yang bersala dari sumber internet dan sejenisnya, namun tanpa hadirnya seorang guru sebagai penguat hati dan langkah kita tentu ada yang kurang bukan ?

Namun dari sudut pandang penulis bahwa akhir-akhir ini pandangan guru sebagai pendidik mengalami pendangkalan. Sosok guru yang seharusnya dihormati dan ditiru tingkah lakunya, saat ini sudah mengalami penurunan. Dalam kitab Ta’lim Muta’alim disebutkan bahwa orang tua adalah sebagai murrabbi al jasad. Sedangkan guru sebagai murrabi al ruh. Orang tua yang diamnksud di sini adalah orang tua biologis yang melahirkan, merawat dan membesarkan anaknya dan berkewajiban memberi nafkah. Sedangkan guru sebagai murrabbi al-ruh bertanggung jawab terhadap perkembangan jiwanya. Yang bertugas mengisi dan mendidik otaknya dengan pengetahuan yang benar.

Baca Juga :  Tiga Mahasiswa PGMI INISNU Rebut Juara Perlombaan LDK Nusantara Event

Seorang guru mengajar harus memiliki panggilan moral untuk mendapatkan ridho Allah atau tidak hanya sebagai tuntutan profesi dengan berbagai komponen perangkat pembelajaran yang harus dilengkapi. Maka lagi-lagi guru jangan hanya sekedar terjebak dalam tindakan instrumental yang bersifat sementara dan materialis. Sehinggga tidak heran guru tersebut kurang dihargai anak didiknya.

Oleh sebab itu keberhasilan guru dalam mendidik seorang muridnya membutuhkan banyak dukungan dari semua komponen yang ada. Melalui Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022 ini sebagai bentuk momentum bahwa guru adalah sosok yang harus kita hormati, hargai, semua harus saling bersinergi untuk menghadirkan dukungan serta kekuatan rasa cinta sehingga tercapai tujuan bahwa guru sebagai sosok murrabi al ruh yang akan menyelamatkan akidah, ilmu dan akhlak anak didiknya, tidak hanya sedherma mengucapkan melalui pamflet dan poster selamat hari guru melalui media sosial saja namun kita harus menjadi insan yang mendukung penuh di setiap peran baiknya.[]

*Penulis adalah mahasiswi INISNU Temanggung, email : iisnarahmali05@gmail.com

banner 300250