Demi Menduniakan Destinasi Wisata Gunungkidul, IKG Launching Tour & Travel

Tangerang Selatan, TERASMEDIA.NET – Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) secara resmi meluncurkan unit bisnis IKG dibidang perjalanan yakni Tour & Travel IKG. Peluncuran unit bisnis ini dilakukan di Aula Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Minggu (22/10/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum IKG Eddy Sukirman dan jajaran BPH IKG, Dewan IKG, perwakilan dari Kapanewon IKG dan Korwil IKG se Jabodetabek. Selain itu hadir juga untuk memberikan motivasi dalam acara ini adalah Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Samsul Widodo.

Selain peluncuran Tour & Travel IKG yang dilakukan oleh Ketua Umum IKG juga melakukan peluncuran Ketoprak Krido Budoyo PSIKG yang tentunya untuk nguri-nguri budaya adiluhung Nusantara. Tour & Travel IKG secara legal berada di bawah naungan PT Kreasindo Lima Perkasa yang merupakan bidang atau unit bisnis IKG tersebut dikomandani oleh Suyanto dan Saimo selaku Komisaris Utama yang juga ketua 5 dan 4 IKG, kemudian Edy Suyanto, Ngatino dan Agustinus Priyowidodo sebagai Komisaris, Wasono Raharjo sebagai Direktur Utama, dan Sutarno Wirawan sbagai Direktur Utama.

Tour & Travel IKG melayani program perjalanan wisata, umroh & Haji Khusus dan perjalanan lainnya serta melayani juga jasa penyelenggaraan event khusus yang tidak secara khusus untuk warga Gunungkidul melainkan juga umum.

Ketua 5 IKG, Suyanto yang juga Komisaris Utama dari Tour & Travel IKG ini dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa layanan prima menjadi prioritas utama, kemudian jangkauan yang disasar juga umum dengan penawaran paket atau program tak hanya sebatas perjalanan wisata saja.

Baca Juga :  Hak Atas Pelayanan Publik yang Berkualitas

“Hadirnya Tour & Travel IKG sebagai bidang bisnis IKG ini dikelola secara profesional dengan jaminan layanan prima. Kemudian untuk program perjalanan wisata tidak hanya khusus Gunungkidul saja melainkan seluruh Indonesia, dan bahkan kami juga melayani paket Umroh dan Haji Khusus dan juga menyediakan jasa penyelenggaraan event khusus,” jelasnya.

Ketua Umum IKG, Eddy Sukirman sebelum melakukan pemukulan gong yang menandai diluncurkannya Tour & Travel IKG secara resmi menyampaikan bahwa dengan hadirnya unit bisnis IKG dibidang perjalanan ini mampu menopang jalannya organisasi dari sisi keuangan. Lebih jauh ia menyampaikan harapannya kepada pengelola Tour & Travel IKG untuk bekerja secara profesional dan memberikan layanan terbaiknya.

“Sebagai Ketua Umum saya sangat bangga dengan hadirnya Tour & Travel IKG ini. Kita tahu banhwa jumlah warga IKG di Jabodetabek ini sangat besar, ini kebutuhan akan Tour dan Travel akan sangat besar dan momen peluncurannya ini sangat pas di akhir tahun di mana kebutuhan masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata dan lainnya sangat besar. Dan saya berharap warga IKG jika akan melakukan perjalanan wisata dan lainnya menggunakan jasa kita. Dan tentunya warga masyarakat di luar IKG atau umum,”jelasnya

Lebih lanjut Ketua Umum IKG menyampaikan bahwa IKG yang saat memiliki 18 Koordinator Kapanewon (Kecamatan), 7 Koordinator Wilayah (Jabodetabek), 144 Koordinator Desa (Kordes), dan 1441 Koordinator Dusun (Kordus) IKG jika bergerak bersama dan memanfaatkan bidang-bidang bisnis IKG yang ada tentu akan berkembang secara pesat.

Baca Juga :  USK Banda Aceh Kampus Terbaik di Sumatra versi Webometrics

Terkait dengan tahun politik saat ini, Eddy Sukirman menyampaikan pesannya kepada seluruh warga Gunungkidul di Jabodetabek dan semua jajaran pengurus IKG untuk tetap mengedepankan spirit guyub rukun, seduluran saklawase apapun pilihan masing-masing.

“Jadi dalam masa pemilu saat ini, sebagai Ketua Umum IKG saya mengharapkan seluruh pengurus dan anggota IKG, juga masyarakat Gunungkidul di Jabodetabek apapun pilihannya silakan dan bebas, terpenting tetap jaga keguyuban, kebhinekaan dan semua untuk Indonesia yang lebih baik, damai dan sejahtera, jangan ada perpecahan karena beda pilihan,” harapnya.

Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Samsul Widodo dalam presentasinya menyampaikan banyak hal tentang potensi wisata dan pasar dari bisnis perjalanan wisata.

“Hadirnya Tour & Travel IKG ini sangat baik di mana kalau bicara pasar sangat besar dan jika sebagai contoh Gunungkidul saja sangat besar sekali yang bisa di eksplor. Namun yang terpenting dalam jasa Tour & Travel adalah layanan. Jika sekali saja konsumen merasa tidak puas akan layanan maka ini memiliki impact yang besar. Jadi layanan yang baik menjadi sangat penting,”jelasnya

Baca Juga :  Gali Informasi Stunting, KKN Gentingsari Hadirkan Tiga Kepala Dusun

Sekjend IKG, Bambang Krisnadi menyampaikan kembali apa yang disampaikan Ketua Umum, yakni tentang cita-cita IKG untuk membangun Omah IKG, saat ini telah dibentuk kepanitiaan dalam penggalangan dana untuk merealisasikan pembangunan Omah IKG yang diketuai oleh saudara Eddy Suyanto. Omah IKG saat ini telah dibangun rumah limasan dan kemudian akan dibangun Joglo IKG.

“Seperti yang selalu disampaikan Ketua Umum, Omah IKG yang berada di Gunung Sindur ditargetkan rampung sebelum periode kepengurusan beliau selesai. Jadi mohon dukungan untuk semua warga IKG untuk bergotongroyong dalam mewujudkannya,”jelasnya

Humas IKG, Tarsih Ekaputra ditempat terpisah menyampaikan bahwa IKG yang sebentar lagi genap berusia 53 tahun telah memiliki banyak bidang bisnis maupun program, seperti pendidikan melalui Yayasan Budi Harapan, kemudian dibidang koperasi melalui Koperasi Jasa IKG, bidang seni dan budaya melalui PSIKG, bidang olahraga melalui IKG FC dan masih banyak lainnya dan hari ini bidang perjalanan melalui Tour & Travel IKG.

“IKG sebagai wadah bagi warga Gunungkidul diperantauan senantiasa ingin memberikan hal terbaik untuk tanah kelahiran Gunungkidul secara khusus dan Daerah Istimewa Yogyakarta dan secara umum Indonesia tercinta. Semua program yang dijalankan IKG semata-mata untuk kebaikan Indonesia, tak lebih dan tak kurang. Bicara Tour & Travel IKG jelas ini semata-mata niat tulus dan baik IKG dalam upaya menduniakan destinasi pariwisata Indonesia yang ada terkhusus Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,” tegas Tarsih Ekaputra.[]

banner 300250