Mengenal Dillan Yabran Rinaldi, Pemain Timnas U-20 Keturunan Aceh

"Pemain keturunan Aceh, Dillan Yabran Rinaldi, winger di klub Jerman SV Bergisch Gladbach 09. Darah Indonesia di tubuhnya didapat dari kedua orang tuanya. Diketahui, kedua orang tua Dillan Yabran berasal dari Aceh"

TMSport, TERASMEDIA.NET – Pencinta sepakbola pantas mengenal pemain keturunan Aceh yang satu ini. Dillan Yabran kini bermain untuk tim asal Jerman yakni SV Bergisch Gladbach 09. Dia bermain untuk kelompok usia di bawah 19 tahun.

Tim senior Bergisch Gladbach saat ini berada di Oberliga atau kompetisi katas kelima di Jerman. Mereka bermain di regional Mittelrheinliga. Sementara, Dilla Yabran bermain di U-19 Mittelrheinliga.

Dillan Yabra berusia 18 tahun. Dikutip dari Fupa, lahir pada 1 Juni 2005. Dillan bermain di posisi penyerang. Hanya saja, tak ada catatan statistik yang memadai soal kiprahnya di Jerman.

Saat ini Dillan Yabran telah memperkuat timnas Indonesia U-20. Mengenal lebih jauh sosok Dillan Yabran, pemain keturunan di Timnas Indonesia U-20 yang menarik atensi netizen karena lancar berbahasa Indonesia.

Baca Juga :  Peran Masyarakat Sipil dalam Mempromosikan Good Governance

Nama Dillan Yabran menarik atensi netizen di tengah pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 sejak Maret 2024 lalu.

Pemain yang berposisi sebagai winger di klub Jerman, SV Bergisch Gladbach 09 itu menarik atensi karena lancar berbahasa Indonesia.

Kemampuan berbicara dengan bahasa Indonesia tersebut ditunjukkannya dalam beberapa wawancara, di mana ia menjawab pertanyaan dari para pewarta dengan bahasa Indonesia.

“Bahasa Indonesia sudah bisa. Tapi kalau pertanyaannya cepat-cepat, saya susah menjawab,” ucap Dillan Yabran kala diwawancarai pewarta di tengah sesi latihan Timnas Indonesia U-20.

Pemain berusia 18 tahun itu mengaku bahwa dirinya lancar berbahasa Indonesia karena sudah diajari oleh kedua orang tuanya.

Baca Juga :  Venue PON Aceh Sumut akan Dibangun di Kawasan Neuheun Aceh Besar

Tak ayal kemampuannya berbahasa Indonesia itu menuai pujian dari netizen. Pasalnya jarang pemain diaspora yang bermain di Timnas bisa berbahasa Indonesia dengan lancar.

Lantas, siapakah sosok Dillan Yabran tersebut? Bagaimana sepak terjangnya sebelum dipanggil ke TC Timnas Indonesia U-20?

Mengenal lebih dekat, Dillan Yabran merupakan pemain keturunan Indonesia yang tumbuh di Jerman. Ia lahir pada 1 Juni 2005 dengan nama lengkap Dillan Yabran Rinaldi.

Darah Indonesia di tubuhnya didapat dari kedua orang tuanya. Diketahui, kedua orang tua Dillan Yabran berasal dari Aceh.

Karena tumbuh di Jerman, Dillan Yabran mengawali karier sepak bolanya bersama klub SC Bergisch Gladbach 09 sejak usia muda.

Hingga kini, dirinya masih bermain bersama klub tersebut dan berhasil naik kelas ke tim U-19 per Januari 2022 lalu atau saat usianya 17 tahun.

Baca Juga :  Universitas Syiah Kuala Kerjasama dengan Tiga Perguruan Tinggi China

Karena berstatus pemain diaspora, Dillan Yabran pun mendapat panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-20 pada Maret 2024 lalu.

Dalam pemusatan latihan itu, Dillan Yabran juga berkesempatan tampil bersama Timnas Indonesia U-20 di laga persahabatan kontra China U-20.

Sayangnya, kesempatan Dillan Yabran untuk kembali bermain bersama Timnas Indonesia U-20 tertutup dalam waktu dekat ini.

Di sisi lain, Dillan Yabran mengaku masih memiliki harapan untuk bisa bermain bersama Timnas Indonesia U-20 kembali dan akan fokus dengan kariernya di SV Bergisch Gladbach 09.[] suara.com

banner 300250