oleh

Prof Abubakar Terpilih Sebagai Ketua Senat Universitas Syiah Kuala 2023-2028

Banda Aceh, TERASMEDIA.NET – Universitas Syiah Kuala melalui Rapat Senat melakukan pemilihan Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Universitas (SAU). Dalam prosesi tersebut, Prof. Dr. Ir. Abubakar, M.S berhasil terpilih sebagai Ketua SAU USK untuk masa bakti 2023-2028, selasa (17/01/2023) yang lalu.

Prof. Abubakar terpilih sebagai Ketua SAU USK setelah meraih suara terbanyak yaitu 34 suara, sementara kandidat lainnya yaitu Prof. Dr. dr. Syahrul, Sp.S(K) hanya meraih 28 suara.

Adapun untuk Sekretaris Senat USK, nama yang terpilih adalah Dr. Azhari, S.H., MCL, M.A setelah unggul 37 suara dari dua kandidat lainnya, yaitu Prof. Dr. Eng. Nasrullah, S.Si., M.T dengan 18 suara dan Ns. Syarifah Rauzatul Jannah, S.Kep., MNS., Ph.D dengan 6 suara.

Seusai pemilihan, Prof. Abubakar menyampaikan rasa syukur sekaligus terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. Menurutnya, amanah ini merupakan ruang pengabdian selanjutnya terhadap USK. Di mana sebelumnya, Prof. Abubakar adalah Ketua Senat USK saat kampus ini masih berstatus menjadi Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum (PTN BLU).

Prof. Abubakar memahami, tugas dan tanggung jawabnya sebagai Ketua SAU USK tidaklah mudah. Apalagi perguruan tinggi ini telah bertransformasi menjadi Perguran Tinggi Badan Hukum (PTN BH).

Oleh sebab itu, dirinya mengharapkan doa dan dukungan sivitas akademika USK serta masyarakat agar dirinya mampu menjalankan amanah ini sebaikmungkin, sehingga USK kian menjadi kebanggaan masyarakat Aceh.

“Kepercayaan ini merupakan sebuah penghormatan bagi saya. Mohon doa dan dukungannya, agar amanah ini bisa membawa USK semakin berkembang dan memberi manfaat yang luas bagi masyarakat,” ucapnya.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan turut menyampaikan selamat kepada Ketua dan Sekretaris Senat yang baru terpilih tersebut. Rektor juga bersyukur dan sangat mengapresiasi seluruh anggota senat, karena telah menjalankan proses pemilihan ini secara demokratis serta dalam suasana kebersamaan.

Rektor menilai keberadaan SAU ini sangatlah penting bagi USK khususnya di masa transisi PTN BH ini.

“Salah satu tugas SAU ini adalah memberi pertimbangan dan pengawasan di bidang akademik. Karena itulah, peran SAU ini sangat penting agar USK bisa menjalankan status PTN BH-nya secara optimal,” ucap Rektor.

Sebelumnya, USK telah membentuk SAU pada 5 Januari 2023 lalu. Dengan terpilihnya Ketua dan Sekretaris Senat ini, maka 2 dari 3 organ pimpinan USK telah terbentuk yaitu Rektorat dan SAU. Sementara satu organ pimpinan lainnya yaitu Majelis Wali Amanat (MWA) akan segera dibentuk dalam waktu dekat.[]***

banner 300250