Program Studi Exchange Kampus Merdeka, Menjalin Jaringan Intelektual dan Budaya antar Kampus

Bandung, TERASMEDIA.NET – Pendaftaran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 3 telah dibuka mulai hari Rabu (29/3) hingga tanggal 2 Mei 2023 mendatang. Program ini membuka kesempatan bagi mahasiswa jenjang D3, D4, dan S1 untuk mengikuti pembelajaran selama satu semester lebih di 200 Perguruan Tinggi Penerima (PT Penerima) sekaligus merasakan berbagai pengalaman bermakna yang tentunya dapat menjalin jaringan intelektual dan juga keberagaman budaya.

Program PMM sendiri merupakan salah satu program unggulan Kampus Merdeka, sebuah program yang dirancang untuk membuka peluang belajar bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Diharapkan dengan adanya PMM, mahasiswa akan semakin bersemangat untuk belajar, dan mampu menjalin jaringan intelektual yang kuat serta mengaplikasikan ilmunya untuk kemajuan bangsa dan negara.

Program PMM 3 yang baru saja dibuka ini menawarkan pengalaman yang lebih menarik bagi mahasiswa. Selain dapat memilih dari lebih dari 200 Perguruan Tinggi Penerima yang tersebar di seluruh Indonesia, mahasiswa juga dapat merasakan keberagaman budaya dari daerah-daerah yang berbeda. Selain itu, program PMM 3 juga memungkinkan mahasiswa untuk memperdalam ilmu yang mereka pelajari di kampus dengan mendapatkan pengalaman langsung dari para ahli di bidangnya.

Kepala Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Rachmawan Budiarto, mengatakan bahwa PMM 3 memiliki banyak perubahan yang berbeda dengan PMM 1 atau PMM 2. Dalam PMM 3, mahasiswa akan lebih ditekankan untuk fokus pada pengembangan soft skills, seperti kemampuan berbahasa asing, kepemimpinan, dan kreativitas, yang dianggap sangat penting di era persaingan global saat ini. Selain itu, PMM 3 juga akan menawarkan program-program yang lebih menarik dan inovatif.

PMM 3 juga akan menawarkan program-program yang lebih menarik dan inovatif, seperti kunjungan industri, Program Entrepreneurship, Program Inovasi Teknologi, Program Bahasa dan Budaya dan Lingkungan. Dengan program-program yang lebih menarik dan inovatif, PMM 3 memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman dan keterampilan yang lebih luas dan juga meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja setelah lulus dari perguruan tinggi.

Baca Juga :  Universitas Syiah Kuala Dampingi UTU Naik Kelas ke PTN BLU

Untuk mendaftar ke PMM 3, mahasiswa diharuskan mengikuti proses seleksi yang telah ditentukan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mahasiswa yang terpilih nantinya adalah mereka yang memang layak dan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar di lingkungan yang baru. Bagi mahasiswa yang ingin mendaftar ke PMM 3, silakan kunjungi situs resmi Kampus Merdeka dan ikuti panduan yang telah disediakan, Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman: https://pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/pages/info/
dan jangan lupa ikuti akun Instagram: @pertukaranmahasiswamerdeka agar tidak tertinggal informasi penting mengenai pendaftaran PMM 3. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk memperluas wawasan dan meraih pengalaman berharga di masa depan.[]

Pengirim :
Tino Vienza Widiatna, mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Pendidikan Indonesia, email : tinovienzawidiatna11@gmail.com

banner 300250