Seluruh Masjid di Aceh Tamiang Disarankan Dilengkapi AC

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – Bupati Aceh Tamiang, Mursil meminta seluruh masjid di daerahnya dilengkapi air conditioner (AC). Dia pun meminta seluruh perusahaan di Aceh Tamiang mendukung usulan ini dengan mengalokasikan dana CSR.

Arahan ini berulang kali disampaikan Mursil ketika berkesempatan bertemu dengan pengurus Badan Kenaziran Masjid (BKM). Mursil menilai kenyamanan masjid menjadi faktor utama yang membuat jamaah nyaman beribadah.

“Apalagi ini sudah puasa, jamaah banyak menghabiskan waktu di masjid, jangan sampai ketika shalat tarawih tidak nyaman, gerah,” kata Mursil, Senin (4/4/2022).

Mursil mengingatkan kebersihan dan kenyamanan masjid ini harus menjadi perhatian serius seluruh pihak. Sejak lama Aceh dikenal sebagai daerah yang menerapkan syariat Islam, sehingga mau tidak mau masjid menjadi ikon daerah ini.

Baca Juga :  Ratusan Anggota Serikat Pekerja di Tamiang Minta Pemerintah Cabut Permenaker Nomor 02

“Jadi masjid ini bukan hanya tempat shalat, anak-anak kita banyak yang mengaji di masjid, kalau anak-anak tidak nyaman, bagaimana dia mau rajin mengaji,” ungkapnya.

Menurutnya AC bukan lagi barang mewah dan mahal. Dia yakin pengurus BKM bisa mengoptimalkan dana infak dan sedekah untuk dianggarkan membeli AC.

Begitupun bila anggaran menjadi hambatan, Mursil memberi beberapa solusi, misalnya mengajukan permohonan ke perusahaan-perusahaan untuk menyalurkan dana CSR.

“Kalau (perusahaan) tidak mau, kasih tahu saya, biar pakai uang pribadi saya,” tantang Mursil.

Secara tegas mantan Kepala Kanwil BPN Aceh ini siap menggelontorkan uang pribadi untuk mendukung program masjid ber-AC. Justru dia mengaku senang bila nantinya ada BKM yang mengajukan usulan ini ke dirinya.

Baca Juga :  2.990 Peserta SNBP Lulus di Universitas Syiah Kuala

“Saya sudah 64 tahun, apalagi yang mau dikejar. Justru kalau ada yang datang ke saya, artinya memaksa saya bersedekah. Hidup saya tinggal sedekah-sedekah saja,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu ia memastikan kalau anggaran ini tidak bersumber dari gajinya sebagai bupati. “Doakan saja harga sawit tetap tinggi, jadi saya bisa bantu sedikit-sedikit,” ujarnya.[]

banner 300250