oleh

Tanamkan Nilai Budaya dan Agama, Sekolah Khodijah Gandeng Mahasiswa

Temanggung, TERASMEDIA.NET – Dalam rangka “nguri uri” atau melestarikan kearifan lokal sekaligus menguatkan nilai religius, PAUD Terpadu Islam Siti Khodijah melaksanakan dua agenda sekaligus yakni “Jum’at Berkah dan Tumpeng Pahingan” pada Jum’at (23/09/22).

Dalam menyemarakkan kegiatan kali ini, PAUD Terpadu Islam bekerjasama dengan Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) INISNU Temanggung.

Jumat Berkah artinya hari Jumat itu penuh kebaikan dan keutamaan. Jumat adalah hari khusus memaksimalkan ibadah atau amal kebaikan, seperti sedekah yang pahalanya dilipatkgandakan oleh Yang Maha Kuasa.

Dalam kegiatan jum’at berkah kali ini, para perserta didik diminta untuk membawa sayuran dari rumah masing-masing untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, para wali dari peserta didik mengikuti kegiatan tumpeng pahingan di sekolah.

Kepala Sekolah PAUD Terpadu Islam Siti Khodijah, Siti Khundaifah, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan bersama wali murid yang dikemas dalam acara Khotmil Qur’an dan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

“Anak diajak untuk mengikuti kegiatan berbagi sayuran yang mereka kemas dari rumah untuk dibagikan kepada masyarakat Tembarak guna menguatkan karakter gemar beramal dan mandiri sebagai perwujudan profil pelajar pancasila”, pungkas Ibu Khundaifah.

Tumpeng pahingan merupakan kearifan lokal masyarakat Menggoro, Tembarak, Temanggung.
Adapun agenda “tumpeng pahingan” pada kegiatan di PAUD Terpadu Islam Siti Khodijah ini dimulai dengan adanya pembacaan tahlil, khataman kitab suci Al-Qur’an, dan doa yang dipimpin oleh K.H. Maimun Zubair. Kemudian, acara dilanjutkan dengan makan tumpeng bersama oleh para wali peserta didik serta pendidik dan tenaga kependidikan.

Salah satu peserta PPL, Wiwik, mengungkapkan rasa syukurnya dapat melaksanakan kegiatan PPL di sekolah ini. “Sebagai mahasiswa yang mengikuti praktik pengalaman lapangan disini, kegiatan Jum’at Berkah dan Tumpeng Pahingan ini sangat bermanfaat karena dapat menjadi inspirasi untuk dapat dikembangkan di lembaga kami.”, tutur Wiwik.[] Anggita

banner 300250