oleh

Tim PMM UMM Beri Edukasi Siswa SMPN 02 Bojonegoro dalam Memanfaatkan Media Online untuk Berwirausaha

Bojonegoro, TERASMEDIA.NET – Akibat dari pandemi COVID-19 yang masih menyebar di Indonesia membuat kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa menjadi terhambat.Oleh karena itu, pihak Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) memberikan penawaran sebagai pengganti kegiatan KKN yaitu Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM).

Kelompok PMM Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di SMP Negeri 02 Bojonegoro yang beranggotakan 5 orang, Arya Eka Affandi, Akhmad Nizar Maulana, Syifanu Arjun Ainurrahman, Adli Dzil Ikram dan Edry Alvyano serta dosen pendamping dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis memberikan edukasi kepada siswa-siswi SMP Negeri 02 Bojonegoro dalam melakukan pemanfaatan media online untuk berwirausaha, senin (05/09/2022) yang lalu.

Bersama dengan siswa-siswi dari SMP Negeri 02 Bojonegoro, kegiatan pengedukasian dan pengembangan skill dilakukan secara luring tatap muka. Kegiatan dilakukan secara luring tatap muka dikarenakan agar kegiatan pengedukasian dan pengembangan lebih efektif. Adapun kegiatan ini muncul dari permasalahan perkembangan zaman modern kurangnya generasi milenial dalam pemanfaatan media sosial.

Oleh karena itu, tim PMM UMM menawarkan pengedukasian dan pengembangan supaya siswa-siswi SMP Negeri 02 Bojonegoro menambah wawasan yang lebih luas dan memiliki skill untuk berwirausaha.

Pengenalan media sosial dalam berwirausaha ini diharapkan generasi milenial bisa memanfaatkan media online untuk kegiatan yang bernilai positif dan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Dengan mengembangkan media sosial diharapkan menjadi pundi-pundi penghasilan bagi siswa-siswi SMP Negeri 02 Bojonegoro.

Dalam proses pengedukasian dan pelatihan, pemateri tim PMM UMM menuturkan penggunaan media online saat ini aering disalahgunakan penggunaannya.

“Penggunaan media online sering disalahgunakan oleh penggunanya, sehingga menimbulkan dampak negatif, hal ini akan menyebabkan perubahan sikap terhadap penggunanya. Contoh kecilnya ketika anak–anak menggunakan media online untuk bermain game mereka justru akan menjadi individualis dan tidak mau berinteraksi dengan teman – temannya karena keasyikan bermain game online”, paparnya.

Pemateri dari Tim PMM UMM juga memaparkan kelebihan dan kekurangan media sosial dan bagaimana peran berkewirausahaan dalam melakukan bisnis.

Salah satu kelebihan media sosial adalah dapat memperoleh informasi dengan cepat, sedangkan diantara kekurangan media sosial yaitu informasi yang dimuat tidak selalu akurat sebab lebih mengutamakan aktualisasi.

Lebih lanjut juga disampaikan, bagaimana peran berkewirausahaan dalam melakukan bisnis, dianyaranya menciptakan lapangan pekerjaan, mengurangi angka pengangguran, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan meningkatkan produktifitas nasional.

Pada kegiatan pengedukasian dan pelatihan siswa-siswi SMP Negeri 02 Bojonegoro para siswa-siswi aktif melakukan kegiatan awal hingga akhir dan mereka senang mendapatkan guru baru dan ilmu yang diberikan oleh tim PMM UMM.

Tim PMM UMM sangat berterima kasih kepada Drs. Muslim, MM selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 02 Bojonegoro serta jajaran yang telah menginzinkan dan mendukung kegiatan ini.[] Tim PMM UMM

banner 300250