Antisipasi Lonjakan Harga Bahan Pokok, Pj Bupati Aceh Tamiang Tinjau Pasar

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – Antisipasi lonjakan harga kebutuhan barang pokok jelang memasuki bulan suci Ramadhan, Pj Bupati Aceh Tamiang Asra langsung meninjau pusat pasar yang berada di Kota Kualasimpang, Kamis. (22/2/2024).

“Untuk cabai merah (keriting –red) misalnya, selama tiga hari ini harganya terus naik. Hari ini sudah Rp. 70 ribu per kg, hari sebelumnya Rp. 65.000 dan Rp. 60.000 per kg,”ucapnya.

IKLAN_2024

Dengan kondisi ini, sambung Asra, pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menyiapkan sejumlah langkah menyikapi fluktuasi harga pangan jelang Ramadhan 2024, dan untuk menjaga stabilisasi harga beras, kami akan mendirikan Rumah Pangan Kita (RPK).

Baca jugaPentingnya Diversifikasi Ekonomi untuk Pertumbuhan yang Berkelanjutan

Baca Juga :  Pj Bupati Atam Minta Kepala SKPK Tingkatkan Disiplin Aparatur

“Antisipasi lonjakan harga ini dilakukan guna mencegah inflasi akibat kenaikan harga bahan pangan. Jadi, kalau untuk ketersediaan stok bahan pokok sejauh ini aman. Hanya harganya menunjukkan tren kenaikan,”ungkapnya.

Kendati demikian, Pj Bupati juga menjelaskan, di RPK nanti harga beras per kg sebesar Rp. 11.500, jauh di bawah harga beras di pasaran saat ini yang mencapai Rp. 14 ribu per kg nya.

Baca jugaHarga bahan Pokok Meroket, Pj Bupati Aceh Tamiang Tinjau Pasar

“Secara tegas, Pemkab terus berupaya mengendalikan gejolak harga pangan agar daya beli masyarakat terjaga dan inflasi terkendali dan kita meminta Dinas Pertanian dan Dinas Pangan memetakan sentra produksi lokal serta langkah teknis lainnya,”pungkas Asra.[]

banner 300250