Empat Warga Tamiang jadi Korban Penipuan Dandim Gadungan

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – Empat warga Aceh Tamiang menjadi korban penipuan mengatasnamakan Dandim 0117/Atam, Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi. Penipuan ini menyebabkan kerugian materi mencapai Rp 25 juta.

Informasi berkembang penipuan ini terjadi pada Selasa (1/2/2022) dengan menyasar seorang kepala dinas, dua pengusaha, dan seorang manajer perusahaan.

Salah seorang korban menjelaskan, dirinya dihubungi seseorang mengaku Dandim 0117/Atam Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi melalui nomor 081343271988.

Nomor tersebut tertulis nama Dandim Atam Letkol Alfian tanpa memasang foto profil. Kepada korban, Dandim gadungan itu mengaku meminta bantuan uang dengan alasan berbeda.

“Sama saya dia bilang minta bantuan uang untuk kedatangan tim Mabes, sedangkan sama yang lain dia butuh tiket pesawat untuk keluarganya ke Tamiang,” kata korban, Kamis (3/2/2022).

Baca Juga :  Becak Panser dan Jetor jadi Alat Transportasi saat Banjir di Kampung Durian

Merasa yang menghubungi betul-betul Dandim, masing-masing korban pun berinisiatif menstranfer uang ke rekening Bank Mandiri 1420019279412 atas nama Siti Syafial dengan nominal bervariasi mulai dari Rp 3 juta hingga 20 juta.

“Total yang terlanjur kirim Rp 25 juta, itu yang kami tahu. Entah kalau ada korban lain,” ungkap korban yang tidak ingin identitasnya diungkap.

Kedok pelaku mulai terbongkar, ketika salah satu korban mencoba mengonfirmasi keberadaan Dandim kepada salah seorang perwira. Terungkap kalau Dandim 0117/Atam Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamisidi tidak pernah menghubungi siapapun untuk meminta uang.

Terpisah, Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi ketika dikonfirmasi meminta kasus ini sebagai pelajaran. Dia menyarankan, masyarakat tidak mudah percaya dan harus melakukan kroscek sebelum mengambil keputusan.

Baca Juga :  DPRK Aceh Tamiang Gelar Rapat Paripurna Penetapan Calon Terpilih Anggota Panwaslih 2024

“Saya tidak pernah hubungi orang minta uang, ke depan harus lebih teliti lagi. Harus cross check,” kata Alfian, Kamis (3/2/2022).

Untuk mengungkap pelaku penipuan ini, Alfian pun telah menyarankan korban melaporkan kasus ini ke Polres Aceh Tamiang. “Sudah dilaporkan, lagi ditangani pihak kepolisian,” kata Alfian. []

Sumber : Serambinews

banner 300250