Healing Ala-ala Urang Kite 2023

Pulau Bangka Belitung merupakan penghasil timah terbesar di Indonesia, pertambangan timah di mulai sejak tahun 1812.sejak dari tahun 1812 sampai sekarang pun banyak tersisa bekas galian-galian tanah yang membentuk lubang-lubang besar. Lubang-lubang bekas tambang timah menjadi masalah lingkungan di pulau Bangka-Belitung. Setelah timah tidak lagi berharga tinggi,galian-galian bekas tambang timah ini bertebaran di berbagai tempat dan daerah yang hanya tersisa kubangan air yang sangat kotor.

Masyarakat desa air putih, muntok kebupaten Bangka Barat memenfaatkan bekas tambang timah menjadi wisata yang keren. Permasalahan bekas tambang timah di desa air putih akhirnya berhasil di jadikan sebagai lahan yang produktif destinasi wisata alam terbaru di Bangka barat. Pemanfaatan lahan bekas tambang timah ini kini menjadi objek wisata bernama( Air biat)yang kini viral,dimana para pengunjung dari anak-anak sampai orang dewasa bisa menikmati berbagai wahana permainan.

Baca Juga :  Pemda Perlu Meningkatkan Keterjangkauan Portal Informasi Publik untuk Masyarakat

Saat ini wisata air biat telah menjadi salah satu ikon wisata yang terviral di kabupaten Bangka barat maupun luar kota. Objek wisata air biat terus-menerus didatangi wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Wisata air biat memiliki luas sekitar 7-8 hektar dulunya kawasan bekas tambang timah ini merupakan tanah yang rusak dan sangat gersang yang terbengkalai begitu saja, yang hanya tersisa lubang yang berisi air yang sangat keruh.

Wisata air biat ini sangat cocok untuk healing bareng keluarga, teman/sahabat, atau pasangan kalian. Untuk wisatawan hanya membutuhkan waktu tempu sekitar 20-30 menit dari pusat kota muntok ,dengan tiket masuk yang sangat terbilang murah wisawatan hanya cukup menyiapkan uang tunai.untuk kendaraan roda dua(Rp.2000)dan untuk kendaraan roda empat wisatawan bisa membayar sekitar(Rp.5000).

Baca Juga :  Membangun Kuburan di Dalam Masjid, Konsep yang Keliru

Objek wisata ini dibangun sekitar tahun 2019-2022 namun vialnya di tahun 2022-2023.mulai dari danau yang di buat dari bekas galian tambang timah,bukan hanya ada danau saja tetapi ada juga miniatur ikon dari masing-masing kota di bangka-belitung hingga miniatur jembatan ampera pun ada di wisata air biat ini sanggat keren bukan.

Yang menjadi spot tempat paling favorit para pengunjung adalah miniatur jembatan ampera,di wisata air biat ini para pengunjungnya bisa menikmati berbagai wahana permainan seperti bebek-bebekkan yang terbuat dari kayu, cafe, lestoran, perahu dayung, namun wisata ini juga menyediakan gazebo untuk para wisatawan untuk duduk bersantai di gazebo sambil memberi makanan kepada ikan-ikan hias yang terdapat di dalam kolam depan gazebo.

Baca Juga :  Rangkaian Pemeriksaan Medical Check Up Bagi Calon Mahasiswa

Rencananya 2-3 tahun lagi wisata air biat ini akan terus-menerus dikembangkan dengan seiringnya kemajuan zaman,yang lebih istimewanya lagi akan ditambahkan edukasi dan pembudidayaan madu kelulut khas pulau Bangka.[]***

Pengirim :
Aisyah Danies, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung, email : aisyahdanies79@gmail.com

banner 300250