Imbas Lonjakan Kasus Covid-19, Malaysia Umumkan Lockdown Total

TERASMEDIA.NET | KUALA LUMPUR – Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin mengumumkan lockdown total secara nasional menyusul melonjaknya kasus virus corona (Covid-19) di negara tersebut. Lockdown total itu akan diberlakukan selama 2 pekan mulai 1 Juni mendatang.

Muhyiddin mengatakan, penguncian yang lebih ketat dari tanggal 1 hingga 14 Juni tersebut untuk semua sektor sosial dan ekonomi. Hanya layanan penting yang akan tetap beroperasi.
Penyebaran Covid-19 di Malaysia dalam beberapa pekan terakhir meningkat. Sebagian karena varian virus korona yang sangat mudah menular. Rumah sakit juga kewalahan menanganinya.

“Dengan kenaikan terbaru dalam kasus harian yang menunjukkan tren meningkat drastis, kapasitas rumah sakit di seluruh negeri untuk merawat pasien COVID-19 menjadi terbatas,” kata Muhyiddin, melansir Reuters, Jumat (28/5/2021).

Baca Juga :  Dalam satu Hari 5 Warga Aceh Besar Meninggal Akibat Covid-19

Sebagaimana diketahui, Malaysia melaporkan 8.290 kasus virus korona baru pada Jumat. Ini hari keempat berturut-turut dari rekor infeksi dan menjadikan jumlah total kasus menjadi 549.514.

Malaysia juga melaporkan 61 kematian. Jumlah kematian harian telah meningkat, dengan rekor korban harian 63 pada awal pekan ini. [] okezone

banner 300250