oleh

Ini Makna Lambang dan Nama Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh

Banda Aceh, TERASMEDIA.NET – Menurut pimpinan Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh Tu Bulqaini, bahwa Warna Hijau pada Lambang PAS Aceh merupakan simbol kemakmuran dan kesejahteraan. Juga merupakan warna kesukaan Rasulullah Saw. Selain itu, hijau juga merupakan warna pakaian penduduk syurga sebagaimana disebutkan dalam Alquran surah Al-Insan ayat 21.

Selanjutnya makna “Bintang Delapan”, merupakan identitas masyarakat muslim dan simbol kejayaan Islam. Juga menunjukkan syurga delapan. Perjuangan PAS Aceh ingin mengantarkan ummat kepada kejayaan dan kesejahteraan di dunia dan meraih syurga di akhirat.

Sedangkan makna “Perahu di Dalam Bintang Delapan”, kata Tu Bulqaini, bahwa Perahu di dalam Bintang Delapan dinamakan dengan Safinatussalamah wannajah dan ditulis dengan tulisan Arab dan warna keemasan.

Perahu ini, kata Tu Bulqaini menunjukkan perumpamaan PAS sebagai kendaraan perjuangan. Dan warna emas menunjukkan tujuan penting yang ingin diraih melalui perjuangan politik yang Rahmatan lil ‘alamiin.

Tu Bulqaini melanjutkan bahwa makna “Empat tiang di atas perahu” menunjukkan empat mazhab yang menjadi pegangan dalam menjalankan hukum-hukum dalam agama Islam di Aceh yang Ahlusunnah wal Jama’ah dan dengan salah satu tiang paling tinggi menunjukkan kepada Mazhab Imam Syafi’i yang merupakan Mazhab Mayoritas masyarakat Aceh.

“Makna perahu ini menunjukkan bahwa PAS Aceh sebagai wadah perjuangan politik masyarakat Aceh siap melaju mengantarkan ummat melewati berbagai badai yang menghadang perjuangan dengan menjadikan para ulama sebagai penunjuk arah perjuangan politik,” ujar Tu Bulqaini.

Tu Bulqaini juga menjelaskan bahwa Partai Adil Sejahtera Aceh dibawah lambang ditulis dengan tulisan Arab-Jawi atau Arab-Melayu yaitu :

فرتي عادل سجهترا أتجيه

“Ini bermakna bermakna bahwa PAS Aceh sebagai partai politik sangat peduli kepada khazanah peradaban Islam warisan endatu bangsa Aceh. PAS Aceh memahami bahwa tulisan Arab-Jawi atau Arab-Melayu diciptakan oleh para ulama di Aceh dan berkembang di dunia Melayu haruslah dilestarikan oleh bangsa Aceh, ” ujar Tu Bulqaini.

Makna Nama Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh

Tu Bulqaini juga mengatakan bahwa PAS Aceh sebagai partai politik memahami bahwa keadilan adalah perintah yang esensial (sangat penting) dalam ajaran Islam.

“Bahwa PAS Aceh sebagai partai politik bertekad untuk melahirkan para pemimpin di Aceh yang akan berlaku adil dalam menjalankan amanah kepemimpinan sehingga dengan demikian PAS Aceh dapat berkontribusi mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Aceh, ” ujarnya menambahkan.

Dengan makna ini, terang Pimpinan Dayah Markaz Ishlah Al-Aziziyah Banda Aceh, PAS Aceh memahami bahwa tanpa kepemimpinan yang adil maka kesejahteraan masyarakat Aceh tidak akan bisa diwujudkan. PAS Aceh akan berjuang melahirkan kepemimpinan yang adil di Aceh di semua levelnya.[] suaradarussalamid

banner 300250