Keindahan Tanjung Kalian Muntok Pulau Bangka

Tanjung Kalian merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Muntok,kab. Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Tanjung Kalian terkenal sebagai daerah wisata laut paling popular di Kota Muntok.

Tau gak sih apa yang membuat pantai tanjung kalian indah sehingga dijadikan tempat objek wisata?

Yang membuat pantai tanjung kalian sebagai tempat wisata yaitu memiliki Pantai yang luas dan sangat indah, air lautnya yang begitu jernih membuat banyak wisatawan lebih tertarik kesana untuk mandi maupun bermain bahkan tidak sedikit pun wisatawan yang bersua foto,merekam,bahkan membuat video konten karena merasa pantai tanjung kalian sangat indah dan perlu diabadikan.

Selain itu pantai tanjung kalian juga memiliki sebuah mercusuar setinggi 56 m buatan Belanda dengan arsitektur bergaya Inggris, buatan tahun 1862, masih berdiri dengan kokoh dengan sebutan Mercusuar Tanjung Kalian. Mercusuar ini masih berfungsi dengan baik, dan memancarkan cahaya lampu sejauh 25 mil untuk memandu kapal-kapal yang keluar masuk Selat Bangka.

Mercusuar Tanjung kalian pun juga menjadi tempat objek para wisatawan yang berkunjung disana,tidak sedikit wisatawan yang datang ke pantai tanjung kalian dengan tujuan ingin melihat mercusuar yang ada disana. Wisatawan pun diperbolehkan untuk naik ke atas mercusuar untuk melihat pemandangan pantai tanjung kalian dari atas

Pantai Tanjung Kalian juga memiliki Pelabuhan yang dimana pelabuhan ini digunakan sebagai jalur lintas para pemudik untuk pulang ke kampung halaman maupun sebagai jalur untuk tempat wisatawan berkunjung ke daerah yang menjadi tujuan mereka melalui jalur laut menggunakan kapal.

Tak sedikit juga wisatawan yang datang kesana hanya untuk melihat kapal yang masuk ke dalam pelabuhan dan juga adapun wisatawan yang datang untuk mengantar/menjemput kerabatnya. Hal itulah yang membuat pantai tanjung kalian semakin ramai pengunjung.

Baca Juga :  Pengaruh Artificial Intelligence pada Era 5.0 Terhadap Mahasiswa di Provinsi Bangka Belitung

Ketika sore hari banyak nelayan yang mulai berdatangan mempersiapkan alat-alat mereka untuk bekerja mencari ikan di malam hari dan itu juga salah satu bukti keindahan pantai tanjung kalian bahwa sumber daya laut yang ada disana membuat para nelayan bekerja keras dan bersemangat untuk mencari tangkapan mereka.

Selain itu, pada sore hari juga banyak wisatawan yang datang ke pantai tanjung kalian dengan tujuan ingin melihat sunset yang amat sangat indah pada sore hari. Tak lupa pula para wisatawan yang datang pasti akan membeli makanan khas bangka yaitu otak-otak sebagai penyempurna ketika datang berkunjung ke pantai tanjung kalian.

Suara ombak yang menenangkan hati,sunset di sore hari yang memanjakan mata serta makanan otak-otak yang memanjakan lidah sudah sangat cukup bukan membuat wisatawan disana merasakan keindahan pantai tanjung kalian.

Nahhh begitu beraneka ragam bukan keindahan yang ada di pantai Tanjung Kalian, objek – objek disana pun sangat membuat ketertarikan para wisatawan untuk datang berkunjung kesana. Selain itu Tanjung Kalian pun tidak hanya digunakan sebagai tempat wisata, tapi pantai, tempat nelayan, pelabuhan dan mercusuar pun berfungsi dengan baik sampai sekarang bagi wisatawan terutama masyarakat untuk mempermudah akses-akses kebutuhan hidup mereka.

Oleh karena itu mengapa saya menyebut pantai tanjung kalian sangat indah, karena selain sebagai tempat wisatawan pantai tanjung kalian juga berguna sebagai tempat keberlangsungan hidup manusia.[]

Pengirim :
Yunita Finisha, Mahasiswi Universitas Bangka Belitung

banner 300250