Pakaian Tradisional Lintas Benua jadi Daya Pukau Parade Internasional USK

Banda Aceh, TERASMEDIA.NET – Parade Internasional dengan suguhan pakaian dari ragam negara, menjadi suguhan penutup International Food Festival (IFF) di Universitas Syiah Kuala (USK). Mahasiswa dan masyarakat yang hadir tampak antusias.

Sejumlah mahasiswa asing dari benua Amerika, Afrika, dan Asia mengenakan pakaian khas tradisional negaranya masing-masing. Kondisi ini dimanfaatkan oleh mahasiswa lokal dan warga yang menghadiri festival untuk mengabadikan momen, pada Rabu, 12 Juli 2023

“Saya kira Parade Internasional begini harus terus ada. Karena bisa membuka wawasan untuk tau khazanah budaya bangsa lain,” kata Alwin, salah seorang warga yang menghadiri acara itu.

Adapun tujuan dari diadakan Parade Internasional tersebut, dijelaskan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc adalah, memperkenalkan keragaman budaya dunia kepada mahasiswa lokal dan warga.

Baca Juga :  Pemerintah Aceh kini Miliki Balee Meuseuraya dan Balee Keurukon Inong

“Saat ini ada banyak mahasiswa asing di USK. Kehadiran mereka begitu berharga untuk saling belajar dan mengenal budaya antar bangsa,” ujar Prof Mustanir.

Sementara itu, mahasiswa USK asal Turkmenistan, Ashyyev Toyly mengaku senang bisa terlibat dalam Parade Internasional tersebut. Ia tampak cukup percaya diri mengenakan turkmen telpek (topi) dan turkmen don (baju) khas negaranya, dengan baju terusan hitam berpadu luaran bendera Turkmenistan.

“Senang bisa memperkenalkan budaya Turkmenistan di Indonesia, khususnya Aceh. Parade Internasional ini menjadi pengalaman tak terlupakan selama saya kuliah di USK,” jelas Toyly

Selain Parade Internasional ini, IFF 2023 juga menghadirkan kegiatan seperti demo masak masakan internasional, mini game, beauty talkshow, dan hiburan musik.[]**&

banner 300250