Pemerintah Aceh dan BI gelar Forum Aceh Gayo Sustainable Investment Dialogue

Aceh Tengah, TERASMEDIA.NET – Pemerintah Aceh melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) bekerjasama dengan Bank Indonesia Provinsi Aceh menggagas forum Aceh Gayo Sustainable Investment Dialogue (AGASID) 2021 yang diselenggarakan secara hybird di Parkside Hotel, Aceh Tengah, Rabu (15/12).

Forum ini turut dihadiri oleh Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar, Wakil Ketua DPRA Hendra Budian SH, Plt. Bupati Bener Meriah Dailami, akademisi, pelaku usaha, dan lembaga swadaya masyarakat yang peduli terhadap isu pembangunan berkelanjutan.

Tujuan di selenggarakannya forum ini adalah sebagai wadah bertukar pikiran terkait isu investasi berwawasan lingkungan yang berdampak terhadap sosial serta pengelolaan managemen korporasi yang baik.

Baca Juga :  Pj Bupati Aceh Tengah Resmikan Program Desa Mandiri Energi di Pemukiman Nosar

Wakil Ketua DPRA Hendra Budian SH, yang ikut hadir dalam forum tersebut berharap para narasumber dapat memberikan persepsi baru terkait mekanisme pendanaan investasi dibidang industri yang berbasis lingkungan.

“Saya berharap banyak dengan hadirnya para narasumber dari pihak swasta yang terdiri dari perwakilan Badan Pengelola Dana Green Climate Fund dan perwakilan dari PT Akuo Energy dapat memberikan persepsi baru terkait mekanisme pendanaan investasi dibidang industri yang berbasis lingkungan.

Dikatakannya, penyelenggaraan forum Aceh Gayo Sustainable Investment Dialogue sejalan dengan rencana pembangunan kawasan strategis Dataran Tinggi Gayo dan Alas (DTGA) yang berbasis lingkungan.

“Terkait pembangunan berkelanjutan, konsentrasi pembangunan harus mampu memberi dampak kesejahteraan bagi masyarakat namun tetap mengacu pada konsep pemanfaatan kawasan yang berbasiskan pelestarian lingkungan hidup dan perlindungan kawasan”, ujar Hendra Budian. [] Red

banner 300250