Penantian 32 Tahun, Akhirnya Timnas Indonesia U-22 Juara SEA Games 2023

Sport, TERASMEDIA.NET – Setelah 32 tahun menanti, akhirnya Timnas Indonesia U-22 keluar sebagai juara sepakbola Sea Games 2023 di National Olympic Stadium, Kamboja, Selasa (16/5/2023).

Pasukan Garuda asuhan Indra Sjafri menang dramatis 5-2. Pertandingan harus berlangsung sampai dengan perpanjangan waktu dan diwarnai hujan kartu merah.

Di awal laga sebuah peluang didapat melalui Marselino Ferdinan yang melepaskan tendangan jarak jauh namun masih melambung.

Gol yang dinanti akhirnya datang, Ramadhan Sananta bisa menjebol gawang Thailand pada menit 20 melalui sebuah sundulan yang menyambar umpan lemparan kedalam Alfaendra Dewangga.

Beberapa detik sebelum turun minum, Indonesia mencetak gol lagi lewat gol indah Ramadhan Sananta. Umpan jauh Rizky Ridho menimbulkan kepanikan pertahanan Thailand. Sananta kemudian melepaskan tendangan yang membuat Indonesia unggul 2-0 sampai jeda babak pertama.

Pada menit 51 Thailand akhirnya mendapat peluang emas pertamanya di laga final SEA Games 2023. Tendangan melengkung Settasit Suvannaseat dengan baik bisa ditepis oleh Ernando.

Thailand akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan di menit 64. Pemain pengganti Anan Yodsangwal mencetak gol melalui sundulan meneruskan sebuah umpan penjuru.

Di menit 92 Thailand nyaris menyamakan skor saat Purachet Thodsanit lolos dari kawalan pertahanan Indonesia. Beruntung sepakannya masih tepat ke arah Ernando.

Thailand menyamakan skor di menit 90+7 lewat kelihaian pemain pengganti Yotsakon Burapha di kotak penalti. Tembakan kaki kanannya tak kuasa dibendung Ernando.

Perpanjangan Waktu

Di babak perpanjangan waktu baru dimulai, Indonesia bisa kembali unggul melalui Irfan Jauhari. Usai gol tercipta terjadi keributan dahsyat di bangku cadangan melibatkan pemain Indonesia dan Thailand serta ofisial tim.

Hujan kartu merah terjadi usai keributan tersebut. Kiper Thailand Soponwit dan bek Indonesia Komang diusir wasit. Beberapa ofisial kedua tim juga diganjar kartu merah.

Baca Juga :  Akibat Tunda Salat Subuh 45 Menit, Arab Saudi Pecat Pejabat Masjid Nabawi

Thailand makin terpuruk beberapa menit kemudian. Khemdee juga diusir wasit karena melakukan pelanggaran keras kepada pemain Indonesia yang melakukan serangan balik.

Setelah unggul jumlah pemain, Indonesia mendapat begitu banyak peluang lewat Fajar, Bagas, Marselino hingga Irfan. Namun tak ada yang menembus gawang Thailand.

Indonesia mencetak gol keempat di awal babak kedua perpanjangan waktu melalui Fajar yang melepaskan tendangan keras setelah meneruskan penetrasi Rio Fahmi.

Thailand kembali kehilangan satu pemainnya. Teerasak mendapat kartu kuning kedua di menit 118. Indonesia menutup pertandingan dengan kemenangan 5-2 berkat sontekan pemain pengganti Beckham Putra di detik akhir perpanjangan waktu babak kedua.[]*

banner 300250