Tim Riset INISNU Temanggung dan Kelompok Damar Jagad Hasilkan Rokok Herbal

Temanggung, TERASMEDIA.NET – Setelah melalui beberapa tahapan panjang, Tim Riset INISNU Temanggung yang diketuai Moh. Syafi, Th.I., M.Hum berhasil melakukan pengolahan tembakau curah menjadi rokok herbal dengan campuran berbagai rempah alami.

Tim tersebut telah berhasil melakukan fasilitasi pelatihan packaging. Mereka diberikan pelatihan melinting menggunakan tambakau yang telah disepakai rasa dan takarannya.

Kemudian tembakau tersebut dilinting menggunakan kertas papir, merapihkan satu batang rokok dengan mesin pelinting sederhana, kemudian diletakkan ke dalam kemasan penyimpan rokok Damar Jagad.

Menurutnya Moh Syafi, saat ini, tim Riset INISNU Temanggung dan Kelompok Damar Jagad sedang melakukan pengurusan perizinan produksi sehingga dapat melakukan peredaran secara legal.

“Kami berharap dapat segera selesai sehingga dapat dipasarkan untuk konsumen”, papar Ketua LP2M INISNU Temanggung itu.

Baca Juga :  Ratusan Anggota Serikat Pekerja di Tamiang Minta Pemerintah Cabut Permenaker Nomor 02

“Di sisi lain, keberadaan industri ini diharapkan memberikan pemberdayaan ekonomi pada masyarakat sekitar. Mayoritas mata pencaharian warga sekitar adalah pada sektor pertanian dan perkebunan. Besar harapan kami, kelak kerjasama ini mampu memberikan kesempatan warga sekitar agar memiliki mata pencaharian alternatif”, pungkasnya. []

Liputan : Andrian Gandhi W

banner 300250