Yuk Berwisata sekalian Edukasi ke Goa Sarang Walet Aceh Tamiang

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – Kabupaten Aceh Tamiang memiliki gua karst atau batu kapur gamping terpanjang di Pulau Sumatra.

Gua karst Aceh Tamiang sepanjang 1.140 meter. Dan ini terpanjang di Pulau Sumatra,” kata Kadispora Aceh Tamiang, Muhammad Farij di Aceh Tamiang, (11/03/2024).

Farij menjelaskan, gua tersebut berada di Kampung Kaloy, Kecamatan Tamiang Hulu. Gua tersebut masuk kawasan konservasi ekosistem karst.

Masyarakat setempat, kata Muhammad Farij, menamakan gua tersebut dinamakan Goa Kubin atau Goa Sarang Burung karena di dalamnya banyak ditemukan sarang walet dan sering didatangi oleh wisatawan yang penasaran dengan tempat itu.

Namun, Kadispora, dalam rencana induk pengembangan pariwisata daerah (Rippda) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Aceh Tamiang, disebut gua karst.

Baca Juga :  Berlaga di Grup C, Bupati Atam Semangati Tamiang United FC

Menurut dia, gua karst tersebut diperkirakan terbentuk ribuan bahkan jutaan tahun silam. Sebab, pembentukan gua karst itu hasil proses batuan terlarut.

Selain di Kaloy, karst atau bebatuan kapur juga ada ditemukan di tempat lain di Aceh Tamiang, tetapi bukan gua, melainkan bentang alam. Dan ini bisa menjadi objek penelitian dan wisata yang sangat berhaga terkait sebaran karst di Kabupaten Aceh Tamiang.

Pihaknya lanjut Farij, terus mendorong pemerintah daerah agar mengajukan karst tersebut ke Badan Geologi untuk ditetapkan sebagai kawasan lindung geologi.

“Dengan demikian, gua dan bentangan alam karst di Kabupaten Aceh Tamiang bisa menjadi laboratorium penelitian dan kepurbaan serta berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem dan cadangan air tanah,” terang dia.[]

Baca Juga :  Usai Bebas dari Penjara, Saipul Jamil siap Luncurkan Album Baru

 

banner 300250