Fenomena Qris Laris Transaksi

Pembayaran digital telah menjadi fenomena yang sangat lumrah dalam transaksi ekonomi akhir akhir ini. Pembayaran digital yang sifatnya cepat, mudah, sekaligus murah menjadi opsi pembayaran yang masih digandrungi masyrakat, salah satunya ialah Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Tak hanya dapat digunakan di aplikasi dompet digital,saat ini implementasi Qris dapat diterapkan di mobile mbanking dan aplikasi sistem pembayaran lainnya.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono mengapresiasikan peran perbankan nasional yang proaktif dalam pertumbuhan kinerja transaksi Qris hingga sejauh ini.Selain memperkuat sistem back end,perbankan nasional aktif melakukan berbagai program sosialisasi yang membuat masyarakat semakin nyaman bertransaksi menggunakan Qris.

Bank Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI untuk mendigitalisasikan pedagang pasar, salah satunya dengan on boarding QRIS di pasar rakyat melalui Program Pasar Sehat Inovatif Aman Pakai QRIS (SIAP QRIS).

“Melalui program tersebut, QRIS diharapkan dapat mendukung Implementasi digitalisasi pasar rakyat se-Indonesia, mendorong transaksi non tunai yang Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Andal (CEMUMUAH) di masyarakat, mempercepat pemulihan ekonomi serta mendorong perkembangan ekonomi keuangan digital,” kata Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edy Josinar Purba di Pangkalpinang, Rabu yang lalu.

Ia mengatakan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersinergi dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang meresmikan program Pasar Sehat Inovatif Aman Pakai QRIS (SIAP QRIS) di pasar trem atau pembangunan Pangkalpinang.

“Sudah terdapat lebih dari 25 persen pedagang yang sudah memiliki QRIS yang disediakan oleh berbagai perbankan di Kota Pangkalpinang,” ujarnya.

Kegiatan diawali dengan peresmian Pasar Digital SIAP QRIS di pasar rumput, dilanjutkan dengan prosesi transaksi belanja di para pedagang dengan melakukan scan QRIS.

Baca Juga :  Mau Beli Minyak Goreng Curah? Wajib Pakai Aplikasi Pedulilindungi

Diharapkan dari implementasi kanal pembayaran digital melalui QRIS untuk para pedagang di Pasar Trem ini dapat diperluas, terutama dari sisi akuisisinya. Kunci dari optimalisasi penggunaan QRIS yaitu melalui tingkat pemahaman yang baik oleh para pedagang.[]

Pengirim :
Jessie Veronika, mahasiswa Universitas Bangka Belitung Jurusan Bisnis Digital, Hp/WA : 08956041975xx

banner 300250