Taman Bunga Celosia Garden Ake, Salah Satu Destinasi Wisata di Bangka Belitung

Bangka Belitung merupakan daerah kepulauan yang terdiri dari dua pulau utama yaitu pulau Bangka dan pulau Belitung serta ratusan pulau- pulau kecil total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Bangka Belitung terletak di bagian timur pulau Sumatra, dekat dengan provinsi Sumatra selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah yang banyak wisata.

Bangka Belitung tedapat 251 tempat wisata tebagus termasuk salah satunya taman bunga yang terletak di bangka induk bertempatnya dekat unnamed road, sinar baru, sungai liat kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Tempat ini pernah viral beberapa waktu yang lalu, tempat wisata yang bernama tepatnya Taman Bunga Celosia Garden Ake dan mempunyai pengembangan tedapat bebagai wahana bermain.

Sebelum adanya taman bunga ini awal mulanya seseorang petani yang mempunyai tanah tersebut hanya ingin menanam cabai, namun belum berhasil karna tanaman cabainya banyak yang tidak tumbuh. Setelah menanam cabai terus menerus tetapi tetap gagal juga, akhirnya ada orang yang mengusulkannya untuk membuat sebuah inovasi seperti ini. Seorang petani tersebut beralih dengan mencoba menanam bunga. Apalagi melihat di Bangka belum ada wisata taman seperti ini.

Baca Juga :  Merawat Alam, Merawat Budaya Desa Linggoasri, Inspirasi Moderasi Beragama untuk Generasi Muda

Tak menyangka respon dari masyarakat ternyata banyak yang positif, banyak masyarakat yang penasaran dan datang untuk melihat pesona teman bunga kekinian ini. Taman ini resmi beroperasi pada bulan September 2020. Seorang petani tersebut menyiapkan lahan dengan waktu hanya setengah bulan, dengan waktu penyemaian bibit bunga celocia selama satu bulan setengah kini usia dari bunga sudah mencapai 50 hari, yang mana bunga tesebut bisa bertahan dalam kurun waktu 4 bulan.

Selain sebagai tempat refreshing masyarakat, Celocia Garden Ake juga sebagai tempat untuk membuka lapangan pekerjaan seseorang dengan cara memberdayakan anak muda asli Bangka dalam mengelola Kawasan wisata satu ini. Melihat antusias warga dan karyawan, bagaimana cara dapat mempertahankan Celocial Garden Ake ini dengan cara membuat bebagai inovasi-inovasi agara masyarakat yang datang tidak bosan dan tempat wisata ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Sekarang taman bunga tersebut telah berkembang dan banyak yang mengunjunginya karna sangat dekat.

Baca Juga :  Berkinerja Positif, BNI Raih Predikat Best Customer Experience

Berjarak dari 5-10 menit dari pusat kota sungai liat dan tempat wisata ini menjadi tempat untuk “ mencuci mata “ dan melepas penat. Setiap sore hari, wisata tersebut ramai dengan pengunjung baik saat akhir pekan maupun pada hari-hari biaasanya. Sejak viral pada tahun 2020, beberapa bulan kemudian taman ini sempat di tutup karna banyak bunga yang layu adapun bunga tersebut juga tidak cocok ditanam dekat bangka karna jenis bunga tesebut cocok di tempat yang dingin. dan pengunjung sepi dikaranekan corona.

Kini taman Bunga Celosia Garden Ake terus bekembang bunganya pun sudah diganti dengan bunga yang bisa bertahan lama di cuaca bangka beberapa wahana mainan dan terus menerus menambahkan spot-spot foto yang estetik dan instagramable. Dengan hanya membayar Rp 10.000 saja perorang, kamu sudah bisa masuk bermain berbagai macam wahana dan berfoto sepuas hati. Selain tempat berfoto ada juga wahana permainan seperti kolam lengkap dengan perosotannya, perahu-perahu ,dan sejumlah saung untuk besantai sejenak. Semuanya gratis tanpa pemungutan biaya kecuali pengunjung yang bermain mobil-mobilan untuk anak , hanya bayar mulai Rp. 15.000 sampai Rp. 25.000 saja sudah bisa keliling sepuasnya.

Baca Juga :  Navigasi Krisis: Mengatasi Tantangan dengan 8 Teori Komunikasi Krisis Terkemuka

Tidak hanya itu, terdapat juga sebuah panggung pertunjukan menyanyi yang siap menghibur para pengunjung yang datang. Taman bunga tersebut buka mulai pukul 08.00 WIB pagi hingga 18.00 WIB sore, tempat tersebut sangat cocok sekali untuk kalangan remaja, keluarga, dan pasangan remaja untuk melepas penat dan mencari hiburan yang dekat deri pusat kota sungai liat.[]

Pengirim :
Imelia Dela Rokar, Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung, email : imeliadelarokar@gmail.com

banner 300250