Patroli Pengawas Pemilu di Aceh Tamiang Sasar Warga Tionghoa

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – Warga Tionghoa adalah sekelompok masyarakat di Indonesia yang terdapat di banyak tempat. Di Kota Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang Kelompok masyarakat Tionghoa telah lama hidup rukun berdampingan dengan masyarakat lokal setempat sebagaimana umumnya di kawasan masyarakat suku Melayu yang kerap ditemukan hidup berdampingan dengan masyarakat Tionghoa.

Bahkan sejumlah kota di daerah orang melayu nampak bangunan pertokoan lama yang berarsitektur khas Tionghoa yang menunjukan bahwa perbauran ini sudah berlangsung lama. Kabupaten Aceh Tamiang merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh yang masyarakatnya sangat majemuk dan multikultural.

Selain itu, Kabupaten ini juga berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara, hal inilah menurut Lindawati M.Pd, Komisioner Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang menjadikan komponen masyarakat Tionghoa sebagai salah satu objek yang menjadi perhatian dalam program kawal hak pilih utuk pelaksanaan Pemilu 2024.

Untuk program Kawal hak pilih ini, Panwaslih melakukan kegiatan “jemput bola” langsung kemasyarakat melalui kegiatan patroli yang bertujuan melakukan sosialisasi dan memastikan warga telah terdaftar sebagai pemilih, jelas Lindawati, M.Pd.

Hak pilih adalah hak setiap warga negara, yang dijamin konstitusi, semuanga mendapatkan hak dan perlakuan yang sama dalam pemilu tanpa diskriminasi tanpa membedakan suku ras dan agama, ujar Lindawati, M.Pd di hadapan sejumlah warga Tionghoa yang berkumpul disalah satu warung kopi tua di tengah-tengah kota Kuala Simpang, Minggu (04/06/2023).

Lindawati, M.Pd menambahkan bahwa kehadiran jajaran Panwaslih dan berjumpa dengan komponen masyarakat Tionghoa selain bersilaturrahmi antar sesama anak negeri juga ingin memastikan bahwa saudara kami warga Tionghoa telah terdaftar sebagai pemilih, mengajak dan menghimbau untuk turut serta menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2024 serta menjadi mitra Panwaslih dalam pengawasan tahapan pemilu melalui pengawasan partisipatif.

Baca Juga :  USAID SEGAR Fokuskan Kegiatan Bisnis Hijau di Aceh Tamiang, Utara dan Timur

Sejumlah warga Tionghoa yang dikunjungi tim patroli kawal hak pilih nampak antusias, dan ikut memastikan apakah mereka sudah terdata sebagai pemilih, seperti yang diungkapkan Ny Herawati bahwa dia sangat senang dikunjungi dan diberikan pengarahan untuk memilih pada Pemilu 2024 nanti, Ny Herawati mengaku meskipun pada Pemilu-Pemilu sebelumnya dia juga ikut memilih namun baru kali ini ada kegiatan yang mengkhususkan pada kami masyarakat Tioghoa.

Dalam kegiatan patroli ini selain jajaran Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Panwascam dan pengawas desa, juga turut dihadiri oleh Pimpinan Panwaslih Provinsi Aceh, Maitanur selaku Koordinator divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakay dan Hubungan Masyarakat (HP2H) yang sangat mensupport dan mengharapkan kegiatan Kawal hak pilih ini dapat terus dilakukan secara intens, sehingga dapat meningkatkan partisipasi warga dalam pemilu 2024 nantinya.[]***

banner 300250